Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021
Wagubri Pastikan Bahan Pokok Aman saat Ramadan dan Idulfitri

PEKANBARU --- Pemprov Riau menjamin ketersediaan bana pokok atau Bapok di Riau aman jelang Ramadan dan Idulfitri.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution saat membuka High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Riau, di Hotel Jatra Pekanbaru, Rabu, (7/4/2021).

“Jadi pertemuan ini sengaja digelar untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat Riau bahwa pangan pokok di Provinsi Riau memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa bulan suci Ramadan dan hari raya Idulfitri,” kata Edy Natar.

Dia menambahkan, stabilitas harga Bapok jelang Ramadhan dan Idul Fitri penting mendapat perhatian serius dari pemerintah agar masyarakat dapat berbelanja sesuai dengan harga yang semestinya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Inflasi di Riau hingga bulan Maret 2021 sebesar 0,10% (mtm) atau 1,87% (yoy), meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami deflasi sebesar 0,32% (mtm) atau 1,76% (yoy). 

Inflasi tersebut juga lebih tinggi dibandingkan Sumatera dan Nasional yang masing-masing mengalami inflasi sebesar 0,02% (mtm) dan 0,08% (mtm). Secara umum, inflasi masih terpantau rendah dan terkendali. 

“Kita patut mensyukuri bahwa harga-harga bahan makanan tidak melonjak tinggi. Selanjutnya, angka inflasi tersebut perlu kita jaga untuk menjaga daya beli di tengah momentum pemulihan ekonomi nasional,” sebutnya.

Edy Natar menjelaskan, bahwa ketersediaan bahan pangan pokok di Riau berada pada 

jumlah yang cukup memadai hingga Juli 2021. Bahkan komoditas seperti cabai rawit dan daging sapi diperkirakan tetap tersedia hingga akhir Agustus 2021. 

Beberapa komoditas seperti jagung, gula pasir, minyak goreng, dan cabai merah keriting akan terus dipantau ketersediaannya dan akan dipasok dari provinsi lain secara berkala. 

Dia menyebut, dengan cadangan kecukupan bahan pokok tersebut dapat sewaktu-waktu ditingkatkan, sejalan dengan telah disepakatinya Kerjasama Antar Daerah (KAD) tanggal 22 April 2020 oleh Kepala Daerah se-Sumatera untuk menjamin kecukupan pasokan bahan pangan pokok di masing-masing provinsi.

“Meskipun demikian, TPID Riau tetap akan memantau jumlah persediaan bahan pangan pokok di pasar-pasar di Riau dan mengawasi pergerakan harga bahan pangan pokok di tingkat distributor dan pedagang yang bekerja sama dengan Satgas Pangan Kepolisian Daerah Riau,” ungkapnya. 

(Mediacenter Riau/mlb)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

3 Kantor Samsat Baru Resmi Beroperasi, 7 Menyusul

Selasa, 13 April 2021 | 13:12:12 WIB

Pemkot Pekanbaru Akan Laksanakan PPKM di Tingkat RW

Senin, 12 April 2021 | 21:42:08 WIB

Ini Pemenang 11 Kategori Anugerah Pariwisata Riau 2021

Senin, 12 April 2021 | 10:34:00 WIB

Kearifan Lokal Diharapkan Jadi Sarana Edukasi 

Ahad, 11 April 2021 | 18:28:21 WIB