Jumat, 21 Zulhijjah 1442 H | 30 Juli 2021
Wagubri Resmikan Gedung Lembaga Kerapatan Adat Desa Menaming Rohul

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution telah meresmikan gedung Lembaga Kerapatan Adat Desa Menaming Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), secara virtual, di Rumah Dinas Wagubri, Kamis (8/4/2021).

Wagubri menyampaikan bahwa dengan telah diresmikan lembaga kerapatan adat ini, ia berharap dapat meningkatkan eksistensi dan terjaganya adat istiadat masyarakat Riau dan Desa Menaming Kabupaten Rohul khususnya.

Ia menjelaskan, pembangunan gedung adat ini tentu berdasarkan usulan dari tokoh adat dan tokoh masyarakat yang memiliki keinginan keras untuk memiliki sebuah gedung adat ataupun rumah adat dan pada akhirnya bisa dibantu melalui bantuan CSR Bank Riau Kepri.

Edy menyebutkan, melalui gedung Lembaga Kerapatan Adat ini adanya harapan besar dari para tokoh adat dan masyarakat Desa Menaming untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat dan budaya masyarakat serta sebagai wadah pemberdayaan adat istiadat di desanya.

"Ini merupakan tugas berat kita kedepannya agar nilai-nilai budaya dan juga adat istiadat dapat terus kita wariskan kepada generasi penerus," sebutnya.

Edy Nasution menyadari tantangan masa mendatang tidaklah ringan, pergaulan juga menempatkan arus budaya dari luar akan begitu keras masuk dalam kehidupan masyarakat di Riau sekarang ini.

Namun ia berharap adanya gedung ini sangat penting untuk meminimalisir budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa karena dapat mengancam eksistensi kebudayaan lokal.

"Adanya lembaga kerapatan adat ini sangat sejalan dengan tunjuk ajar melayu, tak dapat disangkal lagi bahwa lembaga kerapatan adat berperan besar dalam kehidupan masyarakat kita," tuturnya.

Turut hadir secara langsung dalam peresmian tersebut, Bupati Rohul Sukiman, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Forkopimda Rohul, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rohul, Lembaga Adat Rohul, serta tamu undangan lainnya. 

(Mediacenter Riau/ip)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

BKSDA Riau Evakuasi Siamang dari Pasutri di Rohul

Kamis, 29 Juli 2021 | 13:18:20 WIB

4 Nakes Pinere RSUD Rohul Terpapar COVID-19

Ahad, 27 Juni 2021 | 11:11:07 WIB

Warga Rokan Hulu Antusias Ikuti Vaksinasi Massal

Ahad, 27 Juni 2021 | 10:43:55 WIB

SK Pj Bupati Rohul Masih Diproses di Kemendagri

Senin, 17 Mei 2021 | 14:38:17 WIB

Pemprov Riau Usulkan Pj Bupati Rohul ke Kemendagri

Selasa, 27 April 2021 | 15:05:40 WIB

Rohul Mulai Terapkan PPKM

Jumat, 23 April 2021 | 16:46:17 WIB

Gubernur Riau Tinjau Pelaksanaan PSU di Rohul

Rabu, 21 April 2021 | 14:18:55 WIB