Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021
Asisten III Sekdaprov Riau, Syahrial Abdi Dalam Acara  Rapat Paripurna Andalan Daerah Kwarda Riau Tahun 2021

PEKANBARU - Asisten III Sekdaprov Riau, Syahrial Abdi mewakili Gubernur Riau Syamsuar membuka acara  rapat paripurna andalan daerah kwarda Riau tahun 2021 dengan tema 'Berkarya di Masa Pandemi, Optimis Menyambut Bulan Suci'.Kegiatan ini bertempat di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Kamis, (08/04/2021).


Hadir pada acara pembukaan rapat paripurna ini yaitu Ketua Kwartir Daerah Riau, Azaly Djohan, Ketua Harian Kwartir Daerah Riau, Nizami Jamil, beserta jajaran pengurus, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam arahannya, Syahril Abdi mendukung adanya kegiatan-kegiatan dan program yang dilakukan oleh gerakan Pramuka Riau ini.

Ia menuturkan rapat paripurna dalam gerakan Pramuka merupakan bagian dari sebuah perencanaan untuk melaksanakan program-program kwartir daerah dalam upaya pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka.

"Untuk itu saya berharap, kakak-kakak di kwartir daerah dapat menyusun dan merencanakan kegiatan kepramukaan dengan baik dan matang sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini yang kita hadapi bersama," kata Syahrial Abdi, Kamis, (08/04/2021).

Menurutnya, pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia dituntut untuk terus lebih berkontribusi secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.

"Gerakan Pramuka yang kini berusia 60 tahun tentu tidak sama suasana dan kondisinya ketika dilahirkan dulu. Perlu rebranding gerakan Pramuka menjadi Pramuka baru yang diminati kaum muda atau sekarang kerap kita sebut kaum milenial. Pramuka hendaknya dapat mengikut perkembangan zaman, dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini," ujarnya.

Lanjut Syahrial Abdi, Pramuka harus dapat menangkap fenomena ini dalam era kebebasan berkomunikasi, Pramuka baru harus keren, asyik, gembira dan menyenangkan. Tantangan bagaimana para pembina Pramuka yang harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik, sehingga bangga menjadi Pramuka. 

"Begitu pula para pelatih, harus belajar terus menerus untuk dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date, tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan bagi para pembina Pramuka. Oleh karena itu, saya menyambut baik dilaksanakan rapat paripurna ini, apalagi saat ini giat membangun dan berusaha agar masyarakat terbebas dari kemiskinan dan ketertinggalan infrastruktur," ungkapnya.

Perlu sinergi dari semua stakeholder, dan perlu kolaborasi dari semua pihak agar bisa mengatasi masalah tersebut secara bersama.

"Saya ucapkan terimakasih kepada kakak-kakak, para senior yang hari ini masih berkomitmen mencurahkan tenaga dan pikirannya, ditengah kesibukannya, ditengah banyak beban lainnya, tetap mewujudkan Satya dan Dharma Pramuka untuk menolong masyarakat dengan kegiatan baktinya selama ini," tutupnya. (MC Riau)

(Mediacenter Riau/sya)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

3 Kantor Samsat Baru Resmi Beroperasi, 7 Menyusul

Selasa, 13 April 2021 | 13:12:12 WIB

Pemkot Pekanbaru Akan Laksanakan PPKM di Tingkat RW

Senin, 12 April 2021 | 21:42:08 WIB

Ini Pemenang 11 Kategori Anugerah Pariwisata Riau 2021

Senin, 12 April 2021 | 10:34:00 WIB

Kearifan Lokal Diharapkan Jadi Sarana Edukasi 

Ahad, 11 April 2021 | 18:28:21 WIB