Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021
Antisipasi Lonjakan Harga Sembako, Polri Minta Satgas Pangan Pantau Langsung ke Pasar

PEKANBARU - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya sering terjadi lonjakan harga sembako di pasar sehingga perlu ada upaya pemantauan agar hal tersebut tidak terjadi.

"Lonjakan sembako juga harus kita perhatian dan antisipasi, karena menjelang idul fitri biasanya terjadi lonjakan harga dipasar," katanya saat menggelar rapat koordinasi lintas sektor bersama sejumlah Kapolda, Menteri dan Panglima TNI dalam rangka persiapan Operasi Ketupat 2021, Rabu (21/4/2021).

Ia juga mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan pembagian sembako juga tentunnya menyerap keberadaan sembako yang ada di pasar dan adanya spekulasi-spekulasi yang dilakukan kelompok tertentu sehingga tentunya akan menyebabkan harga bahan pokok tersebut menjadi naik.

"Jadi terkait dengan kelangkaan dan kenaikan permintaan bahan pangan tentunya saya meminta kepada seluruh rekan-rekan baik dipusat maupun daerah menurunkan Satgas pangannya secara optimal untuk memantau atau mengontrol langsung kepasar terkait dengan sembako," ucapnya.

Selain itu yang harus harus diperhatikan yaitu keperluan-keperluan lain yang diperlukan masyarakat selama bulan ramadan, selain itu juga harus dilakukan penertiban-penertiban agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Penertiban ini kita lakukan agar masyarakat patuh memakai masker, program 3T terus dilaksanakan sehingga kita bisa melakukan secara optiimal menekan laju pertumbuhan Covid-19," pungkasnya.

Sebagai informasi Sembilan Bahan Pokok atau sering disingkat Sembako adalah sembilan jenis kebutuhan pokok masyarakat menurut Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998.

Kesembilan bahan itu menurut Kepmenperindag 115/1998 diantaranya adalah Beras, Gula pasir, Minyak goreng dan mentega, Daging sapi dan ayam, Telur ayam, Susu, Jagung, Minyak tanah dan Garam beryodium. (MC)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

KKP punya Logo Baru, Ini dia Penampakan dan Filosofinya

Sabtu, 18 September 2021 | 13:22:25 WIB

Tim Satgas Optimalisasi Kebijakan Aplikasi PeduliLindungi

Jumat, 17 September 2021 | 09:58:24 WIB

Inilah Aturan Pembatasan Pintu Masuk Internasional

Kamis, 16 September 2021 | 17:10:47 WIB

Inilah Tiga Strategi TNI Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

Selasa, 14 September 2021 | 17:39:38 WIB