Ahad, 23 Zulhijjah 1442 H | 01 Agustus 2021
Kepala BNPB Harap Daerah Tetap Siaga Bencana

PEKANBARU - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia Letnan Jenderal TNI Doni Monardo berharap agar setiap daerah agar memiliki inisiatif untuk tetap siaga terhadap bencana.

"Riau harus tetap siaga terhadap kebakaran hutan dan lahan meskipun saat ini curah hujan cukup tinggi untuk kebaikan bersama," katanya saat rapat bersama pemerintah provinsi Riau dalam rangka penanganan Covid-19 dan Mitigasi bencana di Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (22/4/2021).

Doni juga berpesan, sebaiknya ada inisiatif dari tiap-tiap daerah atau desa bahkan sampai ke tingkat RT RW untuk siaga dan berjaga. Bencana di Riau sendiri, menurutnya, tidak hanya kebakaran hutan dan lahan. Namun juga banjir di dekat aliran sungai atau di berada di bawah kemiringan tebing.

"Maka dari itu ini harus ada yang bertugas untuk membangunkan warga untuk dilakukan evakuasi terutama pada malam hari," ucapnya.

Untuk itu dibutuhkan kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskambing), bukan hanya untuk menghadapi ancaman kriminal tetapi juga perlu disiapkan untuk menghadapi ancaman bencana.

"Terutama ancaman banjir, banjir bandang dan tanah longsor," pungkasnya. (MC)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

Polres Dumai Tangkap 4 Pelaku Ilegal Logging

Jumat, 23 Juli 2021 | 19:37:55 WIB

PSPS Riau Luncurkan Bus Baru

Rabu, 14 Juli 2021 | 20:23:07 WIB