Jumat, 10 Safar 1443 H | 17 September 2021

PEKANBARU – Tim Pemeriksa Internal Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) mengumumkan bahwa Kanwil Kemenkumham Riau dinyatakan dapat diusulkan sebagai Satuan kerja (satker) berpredikat menuju WBBM.

Kanwil Kemenkumham Riau dianggap telah memenuhi syarat nilai indikator hasil dan indikator pengungkit dengan nilai 89,28 dari batas minimal nilai satker yang dapat diusulkan untuk berpredikat WBBM yaitu 85.

Sebelumnya, Tim Pemeriksa Internal telah memeriksa berkas dan data dukung lembar kerja evaluasi, satker di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau selama tiga hari sejak tanggal 20 April 2021.

Kemudian, pada Jumat (23/4/2021) Tim Pemeriksa Internal mulai melaksanakan tahap desk evaluasi. Kanwil Kemenkumham Riau sebagai satker yang telah meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi, pada Tahun 2020, menjadi satker pertama yang melaksanakan kegiatan ini.

Dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto, bersama Ketua Zona Integritas WBBM Kanwil Kemenkumham Riau, Rudi Hartono, dan para Kepala Divisi lainnya beserta para Koordinator Pokja dan Sekretaris Tim Zona Integritas, Kanwil Kemenkumham Riau memulai desk evaluasi. 

Selanjutnya, dengan penuh percaya diri, Pujo Harinto memaparkan proyek pembangunan Zona Integritas WBBM di depan Tim Pemeriksa Internal. 

“Kanwil Kemenkumham Riau telah melakukan beberapa upaya untuk peningkatan kualitas pelayanan melalui perbaikan sarana dan prasarana, inovasi dan pelayanan berbasis teknologi, informasi dan program-program unggulan, serta layanan lainnya demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” terang Pujo. 

Layanan unggulan Kanwil Kemenkumham Riau diantaranya adalah Aplikasi Pusaka Riau, Aplikasi Alkim Riau, Aplikasi Lahter Online, dan masih banyak layanan lainnya termasuk layanan Endilau Holiday. Yaitu layanan yang dibuka di hari Sabtu khusus bagi masyarakat yang belum mempunyai waktu di hari kerja biasanya. 

Setelah paparan, Tim Pemeriksa Internal  melakukan wawancara dengan Tim Zona Integritas WBBM Kanwil Kemenkumham Riau dan tak ketinggalan, dua orang Duta Layanan Kanwil Kemenkumham Riau turut diinterogasi. 

Tim Pemeriksa Internal, Itjen Kemenkumham dengan Pengendali Teknis, Erie Wijaya, menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan Zona Integritas WBBM di Kanwil Kemenkumham Riau. Namun, ada beberapa catatan khusus yang harus segera diperbaiki Kanwil Kemenkumham Riau dalam upaya mewujudkan Zona Integritas WBBM. 

“Kehadiran TPI [Tim Pemeriksa Internal] sebagai evaluator bukan mencari kesalahan satker, tapi mencari solusi agar satker benar-benar dapat mewujudkan tujuan Zona Integritas WBBM ini, yaitu peningkatan layanan kepada masyarakat,” kata Erie. 

(Mediacenter Riau/asn)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Pekanbaru dan Dumai Terima Penghargaan TPID Award 2021

Kamis, 16 September 2021 | 14:41:57 WIB