Jumat, 21 Zulhijjah 1442 H | 30 Juli 2021
Penanganan Kepulangan Pekerja Migran, Doni: Presiden Perintahkan Optimalkan Peran TNI-Polri
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo memberikan keterangan pers terkait hasil Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi COVID-19, Senin (03/05/2021), di Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Agung)

PEKANBARU - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengungkapkan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Satgas untuk mengoptimalkan peran TNI dan Polri terkait dengan kepulangan para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Hal tersebut disampaikannya dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi mengenai Penanganan Pandemi COVID-19, Senin (03/05/2021), di Jakarta.

“Kami dari Satgas telah mendapatkan perintah dari Bapak Presiden untuk mengoptimalkan peran TNI-Polri. Bapak Presiden tadi mengarahkan agar seluruh kepulangan pekerja migran dipercayakan kepada Panglima Kodam [Pangdam] di seluruh daerah,” ujarnya.

Terkait kepulangan tersebut, para Pangdam diminta untuk bekerja sama dengan Kapolda di daerah masing-masing untuk mengintegrasikan seluruh instansi pusat yang ada di daerah, baik Imigrasi, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Dinas Ketenagakerjaan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), hingga Bea Cukai.

“Semuanya berada pada satu komando, sehingga memudahkan kita untuk melakukan kontrol terhadap semua pekerja migran yang kembali ke Tanah Air, termasuk mencegah adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh sejumlah oknum di bandara maupun pada saat keberangkatan dari bandara atau dari pelabuhan laut menuju ke tujuan,” tegasnya.

Disampaikan Ketua Satgas Penanganan COVID-19, terdapat lima provinsi teratas yang akan menerima kedatangan PMI. “Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatra Utara termasuk beberapa provinsi lainnya,” ujarnya.

Pemulangan PMI di Kota Dumai Riau 

Pemerintah Pusat telah menetapkan Pelabuhan Dumai sebagai salah satu pintu masuk PMI dari Malaysia dan Singapura. Menyikapinya hal ini Pemerintah Provinsi Riau dan instansi terkait lainnya telah siap menerima kedatangan para PMI di Pelabuhan Dumai. Bahkan saat ini pemerintah setempat tengah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) dalam menyambut kedatangan PMI. 

"Kami siap untuk menerima PMI di Pelabuhan Dumai, karena ini sudah menjadi keputusan pemerintah," kata Gubernur Riau, H Syamsuar. 

Lebih lanjut Gubri mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan Satgas Pemulangan PMI di Pelabuhan Dumai. Dengan begitu diharap pelaksanaan penyambutan PMI dapat berjalan baik dan lancar. 

Terkait hal itu, Walikota Dumai, H Paisal juga mengatakan, bahwa semua prosedur dan fasilitas, terutama alat dalam penanganan COVID-19 yang dikhawatirkan dibawa para pekerja, sudah dipersiapkan. Ia menegaskan, pemulangan PMI harus tetap memenuhi semua prosedur dan ketentuan yang berlaku. 

"Kita menyatakan siap menjadi salah satu pelabuhan yang ditunjuk untuk pintu pemulangan ribuan Pekerja Migran Indonesia yang bekerja di luar negeri,” kata Paisal, beberapa waktu lalu.  

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  RI telah turun meninjau kesiapan pelabuhan Duma, pada Minggu (25/04/2021) lalu. Hal tersebut dilakukan seiring telah ditetapkannya bahwa  sekitar 5 ribu pekerja migran asal Indonesia dari Malaysia masuk melalui Pelabuhan Internasional Dumai.

Plt Dirjen Kementerian Kesehatan RI, Maxi Rein Rondonuwu, menjelaskan bahwa Pelabuhan Dumai telah ditunjuk Pemerintah salah satu Pelabuhan kedatangan Pekerja Migran dari Luar Negeri.

Dalam peninjauan itu, Dirjen Kemenkes RI menyatakan, pelabuhan Dumai dinilai sudah sangat layak. "Kalau pelabuhan saya nilai sudah siap dan ini hanya menambah berbagai peralatan kesehatan saja yang akan dibutuhkan untuk menyambut kedatangan warga kita yang dari Malaysia," jelasnya.

Menurut Maxi Rein, jadwal kedatangan para pekerja Migran Indonesia dari Malaysia melalui Dumai akan ditingkatkan pemeriksaan, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 tidak semakin meluas.

 

Untuk itu, Ditjen P2P Kementrian Kesehatan bekerjasama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota  mempersiapkan Fasilitas berupa mobil PCR dan tempat karantina berupa hotel yang ditunjuk untuk menampung Migran yang datang dari luar tersebut.

(Mediacenter Riau/yan)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

Polres Dumai Tangkap 4 Pelaku Ilegal Logging

Jumat, 23 Juli 2021 | 19:37:55 WIB

PSPS Riau Luncurkan Bus Baru

Rabu, 14 Juli 2021 | 20:23:07 WIB