Jumat, 10 Safar 1443 H | 17 September 2021
Pemprov Riau Komitmen Atasi Masalah Pengendalian Perubahan Iklim

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution Menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau komitmen untuk menanggulangi permasalahan global dunia saat ini yaitu pengendalian dampak perubahan iklim.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber dalam webinar yang mengusung tema “New Model Transparansi Sumber Daya Alam (SDA) Melalui Satu Data Indonesia” secara virtual di Ruang Rapat Rumah Dinas Wagubri, Jumat (21/5/2021).

Menurutnya, hal ini sejalan dengan misi kedua dalam rencana pembangunan jangka menengah Provinsi Riau Tahun 2019 - 2024 yaitu mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang merata, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dengan tujuan mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan atau Riau Hijau.

"Dengan melalui peningkatan indeks kualitas lingkungan hidup dan juga menurunkan penurunan emisi gas rumah kaca," kata Wagubri.

Ia menerangkan Riau Hijau didefinisikan sebagai upaya optimalisasi pengelolaan SDA untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau.

Dengan memenuhi kebutuhan pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan sektoral diantaranya seperti sektor kehutanan, lahan gambut dan blue karbon, sektor pertanian, sektor energi dan transportasi serta sektor pengelolaan limbah.

"Untuk itu penyusunan Riau Hijau tentu tidak hanya melibatkan pemerintahan saja akan tetapi juga pelaku usaha dan lembaga sosial masyarakat, CSO dan tokoh masyarakat," ungkapnya.

Kemudian, ia mengatakan hal yang menjadi rencana aksi pada program Riau Hijau ini yaitu meningkatkan pengendalian kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup, meningkatkan kualitas pengelolaan sumber daya alam, dan meningkatkan bauran energi dari sumber daya energi terbarukan.

Selain itu, Provinsi Riau untuk mendukung program satu data Indonesia, Pemprov Riau telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 5 Tahun 2019 terkait Satu Data Satu Peta Provinsi Riau.

"Ke depannya diharapkan Forum Riau Hijau dapat berkolaborasi dengan satu data Provinsi Riau juga diharapkan seluruh informasi dapat mudah diakses serta dapat dikomunikasikan secara luas," ucapnya.

Turut hadir didampingi Wagubri diantaranya Kepala Bappeda Litbang Provinsi Riau Emri Juli Harnis dan Kepala Dinas LHK Provinsi Riau Ma'mun Murod.

(Mediacenter Riau/dw)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB

Tahun Ini DLHK Riau Bangun 100 Sekat Kanal di Tiga Daerah

Kamis, 16 September 2021 | 21:24:06 WIB

Gubri Harap Penggawa Melayu Riau Jaga Marwah Negeri

Kamis, 16 September 2021 | 13:28:33 WIB