Senin, 19 Rabiul Awwal 1443 H | 25 Oktober 2021
Jumlah Kasus COVID-19 Riau Meningkat, Waspada! Banyak dari Klaster Keluarga
Kepala Dinas Kesehatan Riayu, Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU - Kasus baru penambahan terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Riau mulai mengkhawatirkan. Bahkan untuk hari ini, Senin (24/5) kasus terbaru pasien positif COVID-19 meningkat tajam, bertambah 665 orang. Sementara untuk jumlah pasien sembuh tercatat 204 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, kenaikan kasus positif COVID-19 di Riau, didominasi dari klaster keluarga yang semakin bertambah pasca 11 hari lebaran. Untuk klaster keluarga,  biasanya hanya 3 sampai 5 orang terkonfirmasi. Namun, kondisi saat ini bisa mencapai 5 sampai 10 orang terpapar COVID-19 dalam satu keluarga.

“Hampir dua minggu pasca lebaran kasus positif COVID-19 naik. Kondisi saat ini itulah kasus tertinggi di Riau, setelah sebelumnya berada di bawah 600 kasus. Masih dari klaster keluarga yang meningkat saat ini. Bayangkan saja satu keluarga itu yang terpapar 6 sampai 10 orang. Bahkan, ada yang satu keluarga yang kena 18 orang, setelah di tracing keluarganya,” ujar Mimi, Senin (24/5).

“Untuk kota Pekanbaru saja ada sebanyak 25 klaster keluarga, kalau 10 orang saja satu keluarga sudah mencapai 250 orang. Belum lagi di Bengkalis, Kampar, dan daerah lainnya yang kasusnya hampir sama klaster keluarga, apa tidak besar jadinya dan kasus tinggi,” tambah Mimi. 

Disinggung apakah klaster keluarga ini terpapar pasca lebaran ini, Mimi menjelaskan, sesuai dengan prediksi sebelumnya, kasus akan naik pasca lebaran. Karena sebelum lebaran kasus positif di Riau juga tinggi, dan hanya turun beberapa hari saat lebaran.

Kemudian, usai lebaran mulai naik lagi, setelah banyaknya orang yang datang ke Riau, banyaknya masyarakat yang abai terhadap prokes, dan masih meningkatnya mobilisasi, pada saat puasa, baik buka puasa bersama, kumpul-kumpul termasuk ada yang lolos mudik. 

(Mediacenter Riau/ji)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

Jembatan Pedamaran II Rohil Ditargetkan 2022 Difungsikan

Ahad, 24 Oktober 2021 | 19:43:32 WIB

Dua Hektar Lahan Sawit Dimusnahkan di Giam Siak Kecil

Ahad, 24 Oktober 2021 | 17:39:47 WIB

Komisi Informasi Kunjungi Kanwil Kemenkumham Riau

Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:09:18 WIB