Ahad, 4 Zulqaidah 1442 H | 13 Juni 2021
Mendagri Sampaikan Beberapa Strategi Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Daerah

PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyampaikan agar vaksinasi dapat selesai tepat waktu serta terwujudnya herd immunity masyarakat, untuk itu ia mengharapkan agar pemerintah daerah dapat menjalankan beberapa strategi.

Strategi ini disampaikan Tito Karnavian dalam acara rapat rutin monev pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara virtual yang dipimpin langsung oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Senin (7/6/2021).

"Agar vaksinasi dapat selesai tepat waktu, diharapkan pemerintah daerah dapat menjalankan beberapa strategi," ujarnya.

Ia menuturkan, strategi pertama, membuat dan mendesain action plan atau rencana aksi dan strategi prioritas sasaran terhadap distribusi dan vaksinasi sesuai dengan ketentuan daerah berdasarkan banjar, dusun, jorong atau desa.

"Kedua, menentukan daerah zona resiko tinggi, sedang dan rendah," ungkapnya.

Kemudian Mendagri menambahkan, strategi ketiga, menentukan target prioritas penerima vaksin, lansia, komorbid, para pekerja dengan mobilitas tinggi seperti pedagang pasar, ojek online dan lain-lain, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan lainnya.

Selanjutnya, lokasi pelaksanaan vaksinasi massal di kampung-kampung hendaknya menggunakan fasilitas pemerintah, juga dapat menggunakan tempat yang luas dan mudah diakses masyarakat, seperti stadion, lapangan, Faskes, dan sebagainya.

Tito melanjutkan, strategi kelima yaitu pengaturan pelaksanaan vaksinasi, dengan pengaturan waktu, tempat dan jarak pada saat pelaksanaan vaksinasi agar tidak terjadi kerumunan.

"Kepala daerah agar mendorong dinas kesehatan dan mendukung penuh serta dapat memimpin langsung pelaksanaan vaksinasi di daerah masing-masing," katanya.

(Mediacenter Riau/ip)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing

Berita Terkait