Ahad, 4 Zulqaidah 1442 H | 13 Juni 2021
Kerukunan Umat Beragama Sektor Strategis Wujudkan Kesatuan Bangsa

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengungkapkan bahwa Kerukunan Umat Beragama adalah sektor yang sangat strategis dalam mewujudkan kesatuan bangsa dan tanah air.

Hal tersebut diungkapkannya saat memberikan arahan dalam pengukuhan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Riau Periode 2021-2024 di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (10/6/2021).

"Jika umat beragama dalam suatu negara selalu rukun damai dan bersatu maka sudah barang tentu stabilitas keamanan dan ketertiban akan terjamin dan kesatuan bangsa dan masyarakat juga tentu akan terpelihara," ujar Wagubri.

Menurutnya, hal tersebut yang menjadi dasar mengapa kerukunan umat beragama dikatakan sebagai sektor yang sangat strategis dalam mewujudkan kesatuan bangsa dan tanah air.

"Akan tetapi sebaliknya jika kerukunan antar umat beragama baik intern agama maupun internal salah satu agama kondisinya tidak baik, selalu terjadi perselisihan maka dengan sendirinya bangsa dan tanah air kita juga akan menjadi rapuh," terangnya.

Pada kesempatan tersebut ia mengajak semua pihak untuk mencermati kembali peraturan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri nomor 8 dan 9 tahun 2006 yang isinya mengatur tentang kerukunan dalam kehidupan beragama. 

Wagubri menerangkan bahwa pemerintah dalam hal ini memiliki peran besar, karena di dalam peraturan bersama tersebut dinyatakan bahwa pemerintah berkewajiban untuk melindungi setiap usaha penduduk yang melaksanakan ajaran agama dan ibadah pemeluk-pemeluknya sepanjang tidak bertentangan dengan perundang-undangan. 

"Selain itu tidak menyalahgunakan atau menodai agama serta tidak mengganggu ketentraman dan ketertiban umum," pungkasnya. (MC)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing

Berita Terkait

Belum Ada CJH Riau Tarik Dana Haji

Sabtu, 12 Juni 2021 | 17:01:48 WIB

Bertemu Gubri, Wamen Perdagangan Segera ke Riau

Jumat, 11 Juni 2021 | 19:23:17 WIB

Daftarkan Mulok BMR ke Dapodik, Ini Syaratnya

Jumat, 11 Juni 2021 | 19:18:29 WIB

TMC Solusi Pengendalian Karhutla di Indonesia

Kamis, 10 Juni 2021 | 19:37:30 WIB