Kamis, 20 Zulhijjah 1442 H | 29 Juli 2021
5 Kabupaten/Kota Sudah Terbitkan Perbup/Perwako Penyelenggaraan Mulok BMR, Chairul Riski Targetkan Inhu Urutan ke-6 

PEKANBARU - Sebanyak 5 kabupaten/kota di Provinsi Riau telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup)/Peraturan Wali Kota (Perwako) tentang penyelenggaraan pembelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (Mulok BMR) dilingkungan pendidikan. 

Adapun 5 kabupaten/kota tersebut yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Pelalawan. 

Menanggapi hal itu, Pj Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Chairul Riski akan menargetkan Inhu menjadi urutan ke 6 dalam penerbitan Perbup penyelenggaraan Mulok BMR. 

"Saya mempunyai target Inhu akan menjadi urutan ke-6 penerbitan Perbup penyelenggaraan Mulok BMR," ujar Riski saat bersilaturahmi bersama Lembaga Adat Melayu Riau, Jumat (11/6/2021). 

Riski menilai pembelajaran Mulok BMR merupakan mata pelajaran yang sangat penting bagi dunia pendidikan di Provinsi Riau khususnya Inhu, sebab melalui mata pelajaran tersebut anak-anak Melayu Riau akan mengenali budaya, sejaran, tokoh dan lainnya yang dianggap berpengaruh dalam peradaban Melayu di Riau. 

"Insyaallah Perbup-nya akan kita selesaikan dalam waktu seminggu atau dua minggu," tegasnya. 

Ia menyebutkan bahwa pihaknya bersama penerbitan hukum di Inhu akan secepatnya mengurus penerbitan Perbup tersebut dengan harapan pembelajaran Mulok BMR dapat diajarkan dan berjalan sesuai harapan. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Datuk Seri Al Azhar juga menyampaikan bahwa Mulok BMR sejalan dengan visi Riau yakni Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin, di Asia Tenggara Tahun 2025. 

"Pendidikan Mulok BMR adalah sebuah upaya untuk memelihara, menjaga, mengembangkan dan mengkukuhkan budaya Melayu," pungkasnya.

(Mediacenter Riau/nv)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

Orangutan Muncul di Perkebunan Warga Aur Cina Inhu

Sabtu, 03 Juli 2021 | 13:55:00 WIB

Mendagri Terbitkan SK Pengesahan Kepala Daerah Inhu

Jumat, 02 Juli 2021 | 09:10:31 WIB

Pj Bupati Dampingi Pangdam I BB Kunker Ke Inhu

Jumat, 04 Juni 2021 | 11:59:18 WIB