Ahad, 4 Zulqaidah 1442 H | 13 Juni 2021
Daftarkan Mulok BMR ke Dapodik, Ini Syaratnya

PEKANBARU - Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak), Junaidi dalam acara silaturahmi bersama LAM Riau, Jumat (11/6/21), mengatakan mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok) Budaya Melayu Riau (BMR) akan dimasukkan ke dalam data pokok pendidikan (Dapodik), namun harus mengantongi beberapa persyaratan. 

Lebih lanjut ia mengatakan, jika Mulok BMR dimasukkan ke Dapodik maka harus didaftarkan langsung ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Yang mana untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat harus didaftarkan langsung oleh Dinas Pendidikan Provinsi, sedangkan Sekolah Dasar (SD) sederajat, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat didaftarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. 

Sementara persyaratan yang harus dilengkapi, ungkap Junaidi, yakni harus ada instrumen dasar hukum (Perbup/Perwako tentang pelaksanaan kurikulum di kabupaten/kota), serta kurikulum harus disahkan.

Untuk tingkat SD sederajat dan SMP sederajat disahkan melalui Keputusan Bupati atau Perbub. Sementara untuk tingkat SMA sederajat melalui Peraturan Gubernur (Pergub). 

"Lalu surati Kemendikbudristek serta dilampirkan kurikulum yang disahkan dan dasar hukumnya, sebab kalau kurikulum tidak disahkan apa dasar guru mengajarkan Mulok BMR ini di sekolah," pungkas Junaidi.

Di Provinsi Riau sendiri, sebanyak 5 kabupaten/kota telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) / Peraturan Wali Kota (Perwako) tentang penyelenggaraan pembelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (Mulok BMR) di lingkungan pendidikan. 

Adapun 5 kabupaten/kota tersebut yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Pelalawan.

(Mediacenter Riau/nv)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing

Berita Terkait

Belum Ada CJH Riau Tarik Dana Haji

Sabtu, 12 Juni 2021 | 17:01:48 WIB

Bertemu Gubri, Wamen Perdagangan Segera ke Riau

Jumat, 11 Juni 2021 | 19:23:17 WIB

Daftarkan Mulok BMR ke Dapodik, Ini Syaratnya

Jumat, 11 Juni 2021 | 19:18:29 WIB

TMC Solusi Pengendalian Karhutla di Indonesia

Kamis, 10 Juni 2021 | 19:37:30 WIB