Kamis, 20 Zulhijjah 1442 H | 29 Juli 2021
Buka Kegiatan Penanggulangan Covid-19 Melalui Fatwa MUI, Gubri: Tugas Kita Beri Pemahaman Kepada Masyarakat

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar membuka kegiatan gerakan penanggulangan Covid-19 melalui fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang diselenggarakan oleh MUI Provinsi Riau di Aryaduta Hotel Pekanbaru, Rabu (16/6/2021).

Dalam kata sambutannya, Gubri menyampaikan bahwa saat ini yang sangat penting adalah bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat agar satu persepsi terkait Covid-19 ini dan sama-sama berupaya untuk mencegahnya.

Menurutnya, jika hanya pemerintah yang berbicara terkait pandemi ini, masih banyak masyarakat yang tidak merespon. Oleh karena itu, Syamsuar mengharapkan agar para ustadz, pihak akademisi juga turut memberikan pemahaman kepada masyarakat.

"Kalau akademisi, kalau ustadz yang berbicara banyak orang yang percaya dan berpengaruh juga di masyarakat," ujarnya. 

Gubri menerangkan sangat perlu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa yang sebenarnya terjadi saat ini, baik melalui dukungan dari para ustadz, ulama, para Kyai dan tentunya para akademisi.

"Saya sudah pernah terkena Covid-19 dan masih ada juga orang yang tidak percaya adanya Covid-19 ini. Inilah yang perlu pemahaman kita semua agar nanti semua masyarakat percaya bahwa penyakit ini memang ada," tuturnya.

Syamsuar menambahkan, tugas pemerintah saat ini adalah bagaimana menyampaikan penyuluhan tentang pentingnya pakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindar kerumunan.

Selain itu, ia menyebutkan bahwa tugas lain pemerintah saat ini adalah dengan memperkuat dan melaksanakan 3T yaitu tracing, testing dan treatment.

Kemudian ia juga mengharapkan agar semua pihak melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu ikhtiar bersama untuk menanggulangi wabah pandemi ini.

"Tentunya kita harapkan juga imbauan para ulama yang setiap waktu, setiap pengajian di masjid untuk mengingatkan masyarakat kita," ujarnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait