Ahad, 23 Zulhijjah 1442 H | 01 Agustus 2021

PEKANBARU - Kepala Inspektorat Provinsi Riau, Sigit Juli Hendriawan menghadiri rapat koordinasi analisa dan evaluasi percepatan penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun Anggaran 2021 dan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19 secara virtual.  

Rapat dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri), Muhammad Hudori dan Kepala Inspektorat Provinsi Riau, Sigit Juli Hendriawan mengikuti rapat tersebut di Ruang Riau Command Center (RCC) Menara Lancang Kuning Kantor Gubernur Riau, Jumat (18/6/2021).

Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori dalam rapat menyampaikan bahwa rapat yang dilaksanakan ini sesuai dengan arahan Mendagri dan sebelumnya Mendagri juga telah melakukan rapat koordinasi percepatan APBD provinsi dan Kabupaten Kota. 

"Adapun tujuan rapat ini kita selenggarakan untuk menentukan langkah dan strategi percepatan Realisasi APBD tahun anggaran 2021 guna menstimulus pertumbuhan ekonomi di daerah," kata Hudori.

Terangnya, adapun tujuan selanjutnya yaitu memberikan gambaran hasil analisa dan evaluasi realisasi APBD tahun anggaran 2021 per 11 Juni 2021 termasuk informasi beberapa pemerintah daerah yang realisasi belanjanya rendah atau di bawah rata-rata nasional.

Adanya sinergitas dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan stakeholder terkait terutama dalam upaya peningkatan realisasi belanja APBD tahun anggaran 2021.

"Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dalam rakor bersama Gubernur dan Bupati Walikota maka Pak Presiden ingin pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II kurang lebih 7 persen," ucapnya. 

Ia berpendapat bahwa pertumbuhan akan tercapai dengan angka sesuai target yang ditentukan tersebut apabila ada sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah. 

"Karena pertumbuhan ekonomi ini saya kira tidak hanya oleh pemerintah pusat tapi yang penting juga pemerintah daerah baik itu provinsi maupun kabupaten/kota, untuk itu kami mengimbau pemerintah daerah untuk segera melakukan percepatan APBD tahun 2021," pungkasnya. (MC)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

IAKMI Riau Diharapkan Ambil Peran Lawan Virus Corona

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:55:02 WIB

Pengurus IAKMI Riau Periode 2021-2024 Dikukuhkan

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:53:11 WIB