Ahad, 23 Zulhijjah 1442 H | 01 Agustus 2021
Ketua Komnas PA Riau: Faktor Keluarga Salah Satu Faktor Orang Jadi Pecandu Narkoba 

PEKANBARU - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas-PA) Provinsi Riau, Dewi Arisanty menyampaikan bahwa seseorang bisa menjadi pecandu narkoba karena banyak faktor, termasuk keluarga. 

Ia menjelaskan, beberapa faktor keluarga yang dimaksud adalah seperti keadaan dan kondisi keluarga, dimana keharmonisan keluarga ikut menentukan mudahnya seseorang  terkena narkoba atau tidak. Keluarga yang kurang harmonis, baik  
antara suami-istri, orang tua-anak, serta anggota keluarga yang lain, sangat memudahkan anggotanya terpikat oleh narkoba. 

"Untuk pencegahannya, ciptakan kehidupan keluarga yang harmonis," ucapnya, dalam webinar cegah narkoba sejak dini di lingkungan keluarga yang diselenggarakan oleh Forum Pengembangan Komunikasi Informasi dan Edukasi Generasi Muda Riau (FPKIGMR), Jumat (18/6/21).

Faktor lainnya menurut Dewi yakni kurang perhatian. Jelasnya, perhatian tidak cukup hanya dalam bentuk materi saja, tetapi perlu empati. Untuk pencegahan kasus ini perlu bina perhatian dan kepedulian antar  
anggota keluarga.

Ia mengatakan, kurangnya komunikasi antar keluarga juga menjadi salah satu faktor anak terjerat kasus narkoba. Hal ini menyebabkan anggota keluarga mencari orang lain yang bukan keluarga untuk melepaskan segala permasalahan yang dialaminya.

"Untuk pencegahan, perbaiki komunikasi dalam keluarga," sebutnya.

Ketua Komnas PA Riau ini mengungkapkan, faktor keluarga lainnya adalah kurang kesatuan. Kurangnya kesatuan dalam keluarga membuat ikatan keluarga menjadi longgar. Dengan demikian, masing-masing anggota keluarga akan mencari pelampiasan di tempat lain.

Selanjutnya adalah kurang pengawasan, salah satu anggota keluarga yang menjadi pecandu narkoba bisa menulari anggota keluarga yang lain. Maka untuk pencegahannya, segera obati penderita kecanduan dan kirim ke tempat rehabilitasi. 

Dewi menyebutkan, sebagai unit terkecil dalam struktur masyarakat, peran keluarga  memiliki posisi penting dalam pembentukan karakter, etika dan penanaman nilai-nilai bagi setiap anggotanya untuk mengimbangi pengaruh kuat teman sebaya terhadap perilaku remaja terutama dalam pencegahan peredaran narkotika.

"Peran keluarga sangat penting bagi setiap anggota keluarga yang menghadapi suatu masalah. Dukungan keluarga terhadap anggotanya yang terjerat narkoba sangat besar pengaruhnya dalam penyembuhan," ucapnya.

(Mediacenter Riau/dw)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

IAKMI Riau Diharapkan Ambil Peran Lawan Virus Corona

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:55:02 WIB

Pengurus IAKMI Riau Periode 2021-2024 Dikukuhkan

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:53:11 WIB