Ahad, 23 Zulhijjah 1442 H | 01 Agustus 2021
Wagubri Harap SAK EMKM Dapat Bantu UMKM Riau Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan 

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution berharap Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM) dapat membantu UMKM di wilayah Riau untuk meningkatkan pelaporan keuangan sehingga menjadikan UMKM lebih bankable dan mampu mengakses sumber pendanaan untuk mendorong pertumbuhan. 

Hal tersebut disampaikan Wagubri saat mengikuti acara Pelantikan Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Riau Periode 2021 - 2025 yang dihelat di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (19/6/2021). 

IAI sebagai organisasi profesi yang menaungi seluruh akuntan di Indonesia, juga telah menerbitkan SAK EMKM ini diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong literasi keuangan bagi UMKM di Indonesia sehingga memperoleh akses yang semakin luas untuk pembiayaan dari industri perbankan. 

"Dengan SAK EMKM tersebut diharapkan bisa menjadikan UMKM lebih bankable dan mampu mengakses sumber pendanaan," ujar Wagubri. 

SAK EMKM juga diharapkan dapat menjadi dasar penyusunan dan pengembangan pedoman atau panduan akuntansi bagi UMKM yang bergerak diberbagai usaha. 

Selain itu, Wagubri menginformasikan IAI juga menerbitkan Kode Etik dan Standar Profesi lainnya untuk memastikan integrasi dan etika akuntan diseluruh Indonesia. 

Dengan begitu, pihaknya menilai anggota IAI adalah individu profesional yang dijaga kualitas dan integritasnya sehingga dapat melindungi dan menguntungkan para pengguna jasa termasuk pelaku usaha.

(Mediacenter Riau/nv)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

IAKMI Riau Diharapkan Ambil Peran Lawan Virus Corona

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:55:02 WIB

Pengurus IAKMI Riau Periode 2021-2024 Dikukuhkan

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:53:11 WIB