Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021

DUMAI - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mendampingi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Dr. Surya Tjandra melakukan kunjungan kerja ke Kota Dumai, Selasa (22/6/2021).

Saat diwawancarai Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra mengatakan bahwa kunjungannya ke Dumai tersebut yaitu untuk mencari sekaligus menggali informasi secara langsung karena didaerah Riau khususnya Dumai ada rencana penting yang perlu di dorong.

"Salah satunya yang harus didorong yaitu pembangunan jalan Tol, membereskan program strategis nasional dan distribusi tanah," ujarnya.

Ia menjelaskan setelah melakukan peninjauan tersebut pihaknya mulai memahami apa yang menjadi kendala atau masalah dilapangan yang kemudian akan dilaporkan kepada menteri.

"Hasil ini nantinya akan dilaporkan kepada Menteri agar memahami situasi dilapangan seperti apa dan apa yang bisa kita lakukan," terangnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk permasalahan tanah yang ada di Dumai tersebut harus diselesaikan bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena ada area penggunaan lain yang kemudian menjadi kawasan hutan.

"Ini kewenangan mereka, kita cuma punya datanya seperti data penguasaan, data yuridis dari tanah tersebut," jelasnya.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2021 untuk hal seperti ini itu bisa dilepasin atau dikeluarkan dari kawasan namun ada prosedur dan untuk itu kita mohon prosedur itu yang dipermudah, dipercepat dengan harapan bisa berjalan dengan baik.

"Untuk itu kerja sama dari pemerintah provinsi dan pemerintah daerah juga dibutuhkan," pungkasnya.

Turut hadir Wali Kota Dumai Faisal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau Maamun Murod Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Dumai dan tamu undangan lainnya. (MC)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Menteri ATR/BPN Pesan Masyarakat Jangan Gunakan Jasa Pinjol

Kamis, 02 September 2021 | 21:10:39 WIB

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB