Jumat, 15 Zulhijjah 1445 H | 21 Juni 2024
Resmikan Musyawarah Kerja PMI Provinsi Riau 2021, Gubri: Semoga Dapat Menghasilkan Program Strategis dan Bernas

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar membuka secara resmi musyawarah kerja Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Riau tahun 2021 di Markas PMI Provinsi Riau, Jumat (25/6/2021) malam.

Saat memberi arahan Gubri Syamsuar mengatakan bahwa PMI adalah sebuah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan, dengan kata lain PMI dilahirkan oleh negara Republik Indonesia.

"Kita ketahui PMI dalam pelaksanaannya tidak melakukan perbedaan tetapi mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya," kata Syamsuar.

Ia menjelaskan bahwa peran PMI sebagai mitra pemerintah dengan tetap menjaga kemandirian kenetralan dalam menjaga kepalangmerahan bagi masyarakat sangat penting untuk dipertahankan, karena PMI tidak memihak golongan politik ras, suku ataupun agama.

Di mana pada saat pandemi Covid-19 ini, PMI berusaha membantu masyarakat dengan segala sumber daya yang ada dengan cara bekerja sama dengan komponen masyarakat agar penanganan bencana bisa berjalan dengan baik.

"Pertolongan yang diberikan PMI tentunya sangat bermanfaat bagi banyak orang meskipun harus mengorbankan nyawa sekalipun, PMI akan terus maju atas nama kemanusiaan," ujarnya.

Berbagai harapan besar dari pemerintah maupun masyarakat kepada PMI untuk dapat melakukan respon terhadap berbagai bentuk pelayanan kemanusiaan mulai dari persoalan seperti darah juga merespon terhadap bencana non alam seperti pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

Lanjutnya bahwa harapan besar lainnya yang perlu direalisasikan oleh PMI adalah meningkatkan upaya penggalangan donor darah di tengah-tengah masyarakat kita dengan memanfaatkan peralatan sebagaimana yang telah diberikan.

Ia juga mengingatkan PMI yang telah memiliki unit transfusi darah agar lebih meningkatkan eksistensinya guna mewujudkan persediaan darah di daerah masing-masing.

"Di samping itu PMI harus secara umum tetap memperhatikan dan mengawasi kualitas darah yang akan didistribusikan kepada pasien agar tetap terjaga keamanan kebersihan dan kesehatan," pungkasnya.

Ia juga berharap kepada peserta musyawarah kerja PMI Provinsi Riau dapat menghasilkan program-program strategis dan bernas bagi kemajuan organisasi PMI kedepannya.

Turut hadir saat peresmian, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Ketua Bidang Organisasi Pengurus PMI Pusat Muas, Ketua PMI Provinsi Riau Syahril Abubakar. (MC)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Kelapa Sawit Swadaya Naik Lagi, Ini Daftar Harganya

Selasa, 04 Juni 2024 | 16:15:31 WIB