Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021
Harimau Sumatera Kembali Muncul di Riau, Dua Ekor Kambing Tewas Dimangsa
Kambing milik warga Desa Teluk Lanus tewas dimangsa harimau Sumatera, Sabtu (26/6/2021) Foto: HO Balai Besar KSDA Riau.

SIAK - Harimau Sumatera kembali menampakan diri di Dusun Tiga Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau. Munculnya satwa dilindungi itu dilaporkan oleh penghulu Kampung pada hari Sabtu (26/6/2021). 

Ketika dikonfirmasi Kepala Bidang Koservasi Sumberdaya Alam (KSDA) Wilayah II, Balai Besar KSDA Riau, Heru Sutmantoro membenarkan adanya peristiwa munculnya satwa dilindungi tersebut. Ia menjelaskan, bahwa menurut laporan Penghulu atau Kepala Desa, adanya serangan binatang buas, korbanya berupa dua ekor kambing yang berada kandang pada dua lokasi yang berbeda.

"Berdasarkan pengamatan dari foto jejak, dipastikan binatang buas yang menyerang ternak warga tersebut adalah harimau sumatera dan diperkirakan jumlahnya satu individu," kata Heru, Minggu (27/6/2021) melalui keterangan resmi kepada MC Riau. 

Penampakan kandang kambing dirusak harimau, di Desa Teluk Lanus, Siak, Riau

Heru menyebutkan, pihak Balai Besar KSDA Riau telah berkomunikasi secara intens dengan perangkat desa setempat dan sebagai tindak lanjut laporan tersebut, Balai Besar KSDA Riau telah menurunkan Tim Wildlife Response Unit ke lokasi pada hari Minggu, 27 Juni 2021.

"Diperkirakan Tim tiba di lokasi malam hari. Tim akan melakukan pengumpulan bukti dan keterangan di tempat kejadian, pemasangan kamera trap, sosialisasi ke warga dan pemasangan rambu rambu peringatan. Upaya tindak lanjut menunggu hasil kamera trap dan perkembangan di lapangan," ujarnya.

Pristiwa yang sama juga pernah terjadi sebelumnya, seekor harimau bernama latin Panthera Tigris Sumatrae juga pernah muncul di Desa Teluk Lanus, kucing besar itu terekam dalam video. Terlihat sedang melangkah di pekarangan rumah warga. 

Hewan predator itu juga memangsa seekor ayam milik warga. Namun hal itu terjadi pada Maret dan informasi diterima pihak Balai Besar KSDA Riau pada awal April 2021 lalu. Lokasi munculnya hewan buas dilindungi itu masuk dalam lanskap Semenanjung Kampar. Dimana lokasi itu memang merupakan habitat harimau Sumatera.

(Mediacenter Riau/asn)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Vaksinasi Massal Digelar di Koto Gasib

Rabu, 01 September 2021 | 11:32:28 WIB

Remaja di Siak Diterkam Harimau

Senin, 30 Agustus 2021 | 11:40:28 WIB