Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021
Pimpin Rapat Masalah Lahan, Asisten I Setdaprov Riau Harap Aktivitas Perusahaan Lancar dan Masyarakat Sejahtera

PEKANBARU - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Jenri Salmon Ginting memimpin rapat terkait permasalahan lahan antara masyarakat hukum adat desa Pantai Raja, Kabupaten Kampar, dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur, Selasa (29/6/2021).

Ia menyebutkan bahwa rapat yang dilakukan bertujuan untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada dan sebelumnya sudah diadakan pertemuan kedua belah pihak. Namun dalam perkembangannya, belum ada kesepakatan terhadap sisa lahan yang telah dijanjikan kepada masyarakat.

"Masyarakat tentunya berharap ada solusi yang terbaik dalam menyelesaikan permasalahan ini sebelum masuk ke jalur hukum, sesuai dengan mekanisme aturan hukum yang ada," ujar Jenri.

Pihaknya menegaskan jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam hal ini hanya memfasilitasi agar dalam mencari solusi, kedua belah pihak bisa menyelesaikan permasalahan dengan baik.

Adapun permasalahan lahan antara masyarakat hukum adat desa Pantai Raja, Kabupaten Kampar, dengan PTPN V sudah berjalan cukup lama, namun belum ada kesepakatan. Permasalahan tentang lahan pun, Pemprov Riau telah banyak menerima laporan.

"Banyak masukan-masukan dan solusi yang disampaikan dalam rapat yang kita lakukan hari ini, intinya solusi yang diambil sama-sama menguntungkan baik dari masyarakat yang ada daerah maupun dari pihak PTPN V," terangnya.

Jenri menjelaskan bahwa rapat yang berlangsung sangat terukur dan arah pembicaraannya juga terukur sehingga tidak lagi mengarah kepada permasalahan - permasalahan, meskipun demikian proses hukum tetap jalan sebagaimana mestinya.

"Tentunya kita sama sama mengisi kelemahan yang tujuannya yaitu agar perusahaan bisa akses dan masyarakat sejahtera serta kemakmuran negeri Riau yang kita cintai ini," pungkasnya. (MC)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Hadiri Pengukuhan TKPSDA WS Kampar, Ini Harapan Gubernur Riau

Selasa, 14 September 2021 | 12:36:47 WIB

Sandiaga Uno Kagumi Pesona Puncak Kompe Kampar Riau

Ahad, 12 September 2021 | 23:08:36 WIB

Sandiaga Uno: Ikan Patin Riau Lebih Baik dari Negara Lain

Ahad, 12 September 2021 | 18:34:53 WIB

Gubri ajak Menparekraf Keliling Kelokasi Wisata Riau

Ahad, 12 September 2021 | 18:23:20 WIB

OJK Riau Bersama Kadin Kampar Gelar Vaksinasi Massal

Jumat, 10 September 2021 | 14:56:21 WIB

Gubernur Riau Promosikan Puncak Kompe XIII Koto Kampar

Jumat, 03 September 2021 | 21:38:40 WIB

Korban Banjir Bandang Kampar Terima Bantuan Sembako

Jumat, 03 September 2021 | 21:00:06 WIB