Sabtu, 26 Jumadil Akhir 1443 H | 29 Januari 2022

PEKANBARU - Anggota DPRD Pekanbaru, Riau, Kamaruzaman dalam keterangannya Kamis (10/7) di Pekanbaru mengatakan, jika ada sekolah yang masih melakukan pungutan, itu bisa dikategorikan sebagai pungutan liar, karena bertentangan program pemerintah tentang wajib belajar dan pendidikan gratis.

Pernyataan legislator itu berkaitan dengan dengan kabar dimana akhir-akhir ini banyak orangtua siswa mengeluh karena adanya pungutan-pungutan tertentu yang dilakukan sekolah pada saat memasukkan anaknya di sekolah bersangkutan. Padahal sudah ada imbauan dari Pemko Pekanbaru agar tidak ada lagi pungutan di sekolah.

Untuk itu, legislator meminta kepada pihak kepolisian dan kejaksaan untuk melakukan pemeriksaan terhadap sekolah yang melakukan pungutan liar. "Jika ini benar dilakukan secara ilegal, maka ada peluang bagi penegak hukum untuk melakukan tindakan sesuai dengan hukum berlaku," jelasnya.

Selama ini, dia mendengar,  ada sekolah melakukan pungutan pada orangtua siswa dengan dalih sudah mendapat persetujuan dari pihak komite. Untuk hal seperti ini, menurut dia, tetap harus dihindari karena bisa dikategorikan melanggar hukum.

Kamaruzaman juga minta kepada pemerintah untuk benar-benar menjalankan program pendidikan gratis yang telah dicanang dengan cara terus memantau sekolah-sekolah. "Tidak masalah besar atau kecilnya, tapi pungutan tersebut tetap tidak dibenarkan.

Jika memang ada sekolah yang mengalami kendala dalam pembayaran guru honor atau lainnya, Pemko melalui Dinas Pendidikan bisa mengajukannya ke APBD agar diberikan tambahan anggaran. Bukan dengan cara memungut uang dari pada orangtua siswa. (MC Riau/ad)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Inilah Daftar Pemenang LKBB SMA/SMK di Riau

Jumat, 28 Januari 2022 | 09:15:53 WIB

Pemkab Kampar Siap Sukseskan Program PTSL

Kamis, 27 Januari 2022 | 21:48:29 WIB

COVID-19 Bertambah 12 Kasus, Ini kata Gubernur Riau

Kamis, 27 Januari 2022 | 20:34:11 WIB

Pemilik Kebun di Minas Tewas Diinjak Gajah

Kamis, 27 Januari 2022 | 17:32:34 WIB