Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021
Pemprov Riau Terus Upayakan Ketersediaan Pangan di Masa Pandemi Covid-19

PEKANBARU - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting menghadiri acara sambutan pada webinar "CHERISH" (Chevron untuk Riau Sehat Sejahtera) Partnership during pandemic to achive SDG's secara virtual, pada Kamis, (15/07/2021). Acara ini digelar di Ruang Asisten I Kantor Gubernur Riau.

Dalam sambutannya, Jenri Salmon Ginting menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dan narasumber yang berkesempatan hadir secara virtual memenuhi undangan pada acara ini.

"Bapak Menteri serta bapak ibu yang kami hormati, sebagaimana kita ketahui bersama isu ketahanan pangan menjadi sangat strategis pada masa pandemi Covid-19 ini. Sebagaimana peringatan dari Badan Pangan Dunia atau FHO pada awal masa Pandemi Covid-19 tahun lalu," kata Jenri Salmon Ginting.

Ia melanjutkan, pandemi Covid-19 bisa  mengancaman ketersediaan pangan. Ketahanan pangan sangat penting menjadi perhatian dan prioritas bagi Indonesia yang termasuk memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia.

Lanjutnya, Provinsi Riau pada kebijakan pembangunan menempatkan program ketahanan pangan sebagai program prioritas, karena hampir sebagian besar bahan pangan masih belum mencukupi.

"Sehingga harus mendatangkan dari daerah lain kekawatiran kita di Riau makin meningkat. Dari hasil produksi beras di Provinsi Riau yang dihasilkan pada luas lahan sawah seluas 62.689 hektar pada awal pandemi baru bisa memproduksi sekitar 21 persen,"sebutnya.

Jenri menuturkan untuk menyikapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Riau telah menyampaikan kepada bupati dan walikota se-Provinsi Riau serta semua komponen yang bersama-sama melakukan gerakan penyediaan pangan daerah.

"Melakukan penanaman tanaman pangan dan holtikultura dengan memanfaatkan lahan tidur, pekarangan, perkantoran dan rumah serta peningkatan dan perluasan areal tanaman baru," ujarnya.

Menurutnya tujuannya adalah untuk meningkatkan ketersediaan pangan di Provinsi Riau."Hal ini dimaksudkan untuk tujuan utama yaitu meningkatkan pendapatan juga untuk menjadi ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat serta stabilisasi harga pangan akibat dampak Pandemi Covid-19," pungkasnya.(Media Center Riau)

(Mediacenter Riau/sya)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Kapolda Kembali Temukan Aktifitas Illegal Loging di Riau

Sabtu, 27 November 2021 | 21:24:39 WIB

Petani Sawit Harap Ada Kerjasama Khusus dengan Uni Eropa

Sabtu, 27 November 2021 | 20:40:03 WIB

Pemprov Riau Beri Penghargaan Kepada 30 Insan Olahraga

Sabtu, 27 November 2021 | 17:55:03 WIB

Dukung Program Riau Keren, Berikut Penjelasan Gubernur Riau

Sabtu, 27 November 2021 | 15:26:35 WIB

Putri Tanjung Beberkan 3 Kiat Sukses untuk Pelaku Parekraf

Sabtu, 27 November 2021 | 15:01:24 WIB

ICCF 2021, Gubernur Riau Komitmen Majukan Ekonomi Kreatif

Sabtu, 27 November 2021 | 14:02:47 WIB