Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021
Gubri Hadiri Takbir Akbar Hari Raya Iduladha 1442 H Secara Virtual

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri Takbir Akbar Hari Raya Iduladha 1442 H/2021 M secara virtual di Rumah Dinas Gubernur Riau, Senin (19/07/21).

Dalam peringatan takbir akbar tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas serta organisasi masyarakat dan undangan lainnya secara virtual.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan peringatan Hari Raya Iduladha tahun ini diperingati secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Namun tidak mengurangi kekhidmatan rasa syukur untuk peringatan Hari Raya Iduladha ini.

"Walau diperingati secara sederhana namun tidak mengurangi kekhidmatan rasa puji dan syukur kepada Allah SWT," ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan Hari Raya Iduladha mengandung pesan-pesan mulia, pesan pengorbanan dan kemanusiaan, pesan universal yang tetap aktual dan patut menjadi pegangan saat bangsa negeri tengah menghadapi pandemi seperti sekarang ini.

"Nabi Ibrahim AS telah mewariskan keteladanan mengingatkan betapa pentingnya keimanan dan ketakwaan, ikhlas berkorban tanpa keraguan demi menjalankan perintah Allah SWT," lanjutnya.

Menurutnya, Hari Raya Iduladha ini juga merupakan momentum menguatkan solidaritas dalam semangat persaudaraan/ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniah untuk menghimpun kekuatan optimis untuk bangkit.

"Kita optimalkan ikhtiar lahiriah dan ikhtiar batiniah, kita berikhtiar bersama dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengisolasi diri bagi yang bergejala dan memberikan bantuan untuk sesama," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengajak kepada masyarakat momentum takbir akbar Hari Raya Iduladha 1442 H ini sama-sama untuk senantiasa berdoa dan menggemakan takbir di rumah masing-masing, dan ikhtiar bersama agar virus Corona ini segera berlalu.

"Mari kita berdoa dan bertakbir di rumah masing-masing, bersama-sama (kita) berdoa dan berikhtiar  agar pandemi segera berlalu," harapnya.

(Mediacenter Riau/dw)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Besok, Leani Atlet Paralimpiade Tokyo Akan Diarak

Sabtu, 18 September 2021 | 17:49:38 WIB

Gubri Harap Prestasi Catur Riau Ke Depan Bisa Lebih Baik  

Sabtu, 18 September 2021 | 15:05:35 WIB

Gubri Hadiri Acara Pelantikan Pengprov Percasi Riau

Sabtu, 18 September 2021 | 14:49:36 WIB

Peran TNI dan Polri Sangat Penting Dalam Penanganan COVID-19

Jumat, 17 September 2021 | 21:26:25 WIB

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB