Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Masrul Kasmy menghadiri acara pertemuan Chief Minister dan Governors Forum ke-19 IMT-GT ke-27 tahun 2021 secara virtual, pada Jumat, (23/07/2021). Acara ini bertempat di RCC Menara Lancang Kuning Kompleks Kantor Gubernur Riau.

 

Hadir mendampingi Sekda, Bappeda Riau, dan Karo Pemerintah dan Otonomi Daerah, serta OPD terkait lainnya secara virtual.Diikuti juga oleh beberapa provinsi di Pulau Sumatera yaitu Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Sumatera Barat, dan lainnya.

Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Sekretariat Kemendagri RI, Heriyandi Roni menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka untuk kerjasama sub-regional Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

"Kegiatan ini dimana memang kita memahami sebagai salah satu kerjasama yang dilaksanakan oleh daerah dan pihak luar negeri dalam kerangka kerjasama sub- regional Indonesia, Malaysia, Thailand, dalam Friends Grup Triangle," kata Heriyandi.

Lanjutnya, ia berharap dengan adanya kegiatan pertemuan itu nantinya 

"Dimana kita berharap bahwa kerjasama sub-Regional ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di daerah perbatasan, dalam perkembangan dan laju pembangunan kawasan Asian," ujarnya.

Pihaknya menyebutkan kegiatan pertemuan ini nantinya ada beberapa provinsi dan negara bagian yang mengikutinya.

"Bahwa keanggotaan ini terdiri dari 10 provinsi di Sumatera. Kemudian, 8 wilayah di Malaysia dan 14 provinsi di Thailand. Dalam rangka kerjasama sama ini ada beberapa Pokja," pungkasnya.

Ada beberapa sektor kerjasama yang dibahas dalam pertemuan itu, yaitu terutama pertanian dan agroindustri, pariwisata, produk dan layanan halal serta transportasi, teknologi, perdagangan, investasi, pendidikan, budaya dan lingkungan.(Media Center Riau)

(Mediacenter Riau/sya)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Pekanbaru dan Dumai Terima Penghargaan TPID Award 2021

Kamis, 16 September 2021 | 14:41:57 WIB