Jumat, 17 Safar 1443 H | 24 September 2021
Pj Sekdaprov Riau Hadiri Rapat Sosialisasi Imendagri Nomor 21 Tahun 2021

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Masrul Kasmy menghadiri rapat sosialisasi Imendagri Nomor 21 Tahun 2021 terkait percepatan bantuan sosial (bansos) dan jaring pengaman sosial yang bersumber dari APBD secara virtual di Ruang Riau Command Center (RCC) Gedung Lancang Kuning, Senin (26/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah Ardian berharap pemerintah daerah bisa mempercepat hibah bansos maupun jaring pengaman sosial (BTT) kepada masyarakat dalam membantu penanganan Covid 19 yang ada dipemerintahan daerah.

Ardian juga mengatakan hasil evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat ternyata pandemi Covid 19 ini mulai berdampak kepada kerentanan sosial yang ada dimasrayakat.

"Untuk itu sebagai support terhadap masyarakat baik individu maupun kelompok yang terkena potensi sosial penting halnya kita bisa mempercepat penyaluran bansos maupun jaring pengaman sosial," ujarnya.

Adapun maksud dari Imendagri Nomor 21 Tahun 2021 adalah percepatan bantuan sosial (Bansos) dan jaring pengaman sosial bisa dilaksanakan bisa dalam bentuk uang maupun barang akan tetapi orientasinya dalam bentuk pangan seperti gizi dan vitamin dan juga ini merupakan upaya untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Pihaknya juga berharap daerah-daerah yang menerapkan PPKM level 3 dan 4 untuk segera memprioritaskan alokasi penggunaan bansos dalam bentuk uang dan barang.

"Memprioritaskan arah realisasi bansos dalam bentuk uang atau kalaupun barang dalam bentuk pangan seperti gizi maupun vitamin," harapnya.

Selain itu, ia mengajak pemerintah daerah dalam melaksanakan penggunaan bansos dan jaring pengaman sosial harus berkoordinasi dengan stage holder yang ada dimasyarakat di daerah masing - masing

"Untuk itu dalam imendagri tersebut jelas bahwasanya pemerintah daerah dalam pelaksanaannya harus berkoordinasi dengan stage holder yang ada dimasyarakat," ajaknya.

Saat menghadiri rapat tersebut, Pj Sekdaprov Riau Masrul Kasmy didampingi oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau Indra, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Riau Tengku Zul dan Kepala Dinas perindustrian dan perdagangan Provinsi Riau Azrial.

(Mediacenter Riau/nb)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Cegah Corona, Pemprov Riau Antisipasi Klaster Sekolah

Jumat, 24 September 2021 | 21:02:22 WIB

Wagubri Ajak Masyarakat Riau Jaga Program PEN Mangrove

Kamis, 23 September 2021 | 15:57:24 WIB

BIN Daerah Riau Kembali Vaksinasi Massal 11 Ribu Peserta

Kamis, 23 September 2021 | 13:38:28 WIB