Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021
Berikut 3 Strategi KPK dan Pemberantasan Korupsi

PEKANBARU - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan bahwa berdasarkan kajian empiris dari Komisi Pemberantasan Korupsi maka ada tiga strategi yang dikedepankan dalam pemberantasan korupsi.

Ia menjelaskan dari tiga strategi tersebut diantaranya melakukan strategi pendidikan kepada masyarakat dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya mengajak masyarakat untuk menyadari masyarakat supaya mengetahui apa itu korupsi, bagaimana korupsi bisa terjadi, serta sebab dan bahayanya korupsi.

"Dengan demikian Komisi Pemberantasan Korupsi sungguh berharap dengan pendidikan yang diberikan kepada masyarakat agar seluruh anak bangsa tidak ingin melakukan korupsi," kata Firli Bahuri saat memberi arahan pada webinar Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi Pengukuhan Kawasan Hutan Legal dan legitimate secara virtual, Rabu (28/7/2021).

Lebih lanjut Firli menjelaskan bahwa selain memberikan pendidikan kepada masyarakat, KPK juga melakukan pencegahan yang dilakukan dengan langkah pemahaman, kajian terhadap sistem-sistem yang berpengaruh terhadap aspek kehidupan terutamanya yang ramah terhadap korupsi.

"Ini akan kita lakukan perbaikan meskipun saat ini kita dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19 dan setidaknya KPK hadir disetiap kesempatan dalam melakukan kajian dan KPK tidak akan pernah ragu menyampaikan perbaikan," ucapnya.

Firli mengungkapkan bahwa sesungguhnya pemberantasan korupsi harus diawali dengan tujuan pertama supaya kita tidak ingin adanya korupsi kemudian pembangunan sistem supaya tidak ada celah atau peluang terjadinya korupsi.

"Kita harus sama sama bergerak melakukan upaya supaya tidak ada korupsi, karena praktek-praktek yang telah kita lakukan diantaranya telah sesuai dengan amanat dan kebijakan presiden," jelasnya.

Adapun strategi selanjutnya yakni pendekatan penindakan, Firli menegaskan bahwa KPK tetap memainkan pendekatan penindakan untuk menindak tegas para pelaku korupsi yang merugikan keuanga negara atau perekonomian negara, dengan tujuan para pelaku korupsi takut melakukan korupsi.

"Strategi ini dilakukan supaya timbulnya kesadaran hukum bagi masyarakat untuk tidak melakukan korupsi," pungkasnya. (MC)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

KKP punya Logo Baru, Ini dia Penampakan dan Filosofinya

Sabtu, 18 September 2021 | 13:22:25 WIB

Tim Satgas Optimalisasi Kebijakan Aplikasi PeduliLindungi

Jumat, 17 September 2021 | 09:58:24 WIB

Inilah Aturan Pembatasan Pintu Masuk Internasional

Kamis, 16 September 2021 | 17:10:47 WIB

Inilah Tiga Strategi TNI Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

Selasa, 14 September 2021 | 17:39:38 WIB