Jumat, 17 Safar 1443 H | 24 September 2021
Gubernur Riau Dukung Penanaman Porang Untuk Kesejahteraan Petani 

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mendukung adanya penanaman dan pengembangan porang yang diinisiasi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Yang mana di Provinsi Riau tepatnya Kabupaten Siak juga sudah memiliki pabrik olahan porang. 

Hal itu disampaikan Gubri saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah di Provinsi Riau secara virtual bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (28/7/2021). 

"Kami siap dan mendukung penanaman porang, bahkan ini sudah ada pembangunan pabriknya di Siak yang akan membangun industri porang ini," jelas Gubri. 

Untuk diketahui, porang merupakan komoditas ekspor yang memiliki nilai ekonomi tinggi sebagai bahan baku pembuatan aneka makanan salah satunya pengganti beras, kosmetik, dan penjernih air. Selain itu, porang juga berguna di industri dirgantara yakni sebagai bahan baku lem perekat untuk pesawat. 

Selain memiliki banyak kegunaan, tanaman porang juga bisa tumbuh dengan mudah yakni diantara pohon kelapa sawit. Tentu hal ini tidaklah menyulitkan bagi masyarakat yang ingin membudidayakan tanaman yang satu ini. 

Untuk itu, Gubernur Syamsuar mendukung gagasan Menteri Pertanian dalam perkembangan porang, dengan harapan tanaman ini nantinya bisa memberikan kontribusi positif bagi pertanian di Provinsi Riau. 

"Kami mendukung, apalagi porang ini bisa tumbuh di sela-sela sawit terutama sawit yang telah diremajakan," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, tidak hanya peremajaan kelapa sawit, Syamsur juga mengusulkan untuk peremajaan kelapa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir seluas 500 ribu hektare. 

Apalagi saat ini, kata Gubri terdapat kurang lebih 100 ribu hektare petani kelapanya sudah tua. Untuk itu pihaknya mengusulkan supaya daerah terluas penghasil kelapa di Indonesia ini mendapatkan kesempatan untuk peremajaan kelapa.

(Mediacenter Riau/nv)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Cegah Corona, Pemprov Riau Antisipasi Klaster Sekolah

Jumat, 24 September 2021 | 21:02:22 WIB

Wagubri Ajak Masyarakat Riau Jaga Program PEN Mangrove

Kamis, 23 September 2021 | 15:57:24 WIB

BIN Daerah Riau Kembali Vaksinasi Massal 11 Ribu Peserta

Kamis, 23 September 2021 | 13:38:28 WIB