Jumat, 17 Safar 1443 H | 24 September 2021
Menteri ESDM Tawarkan Investasi Energi Terbarukan di Pulau Burung, Rupat, dan Rangsang
Ilustrasi: Pulau Rupat utara, Bangkalis, Riau (Foto Heru Maindikali)

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendapat tawaran investasi energi terbarukan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Arifin Tasrif. 

Karena itu, Pemprov Riau diminta untuk menyiapkan kabupaten/kota di Riau yang dekat dengan Malaysia dan Singapura untuk pembangunan energi terbarukan tersebut. 

Demikian disampaikan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengatakan, energi terbarukan tersebut nantinya akan diekspor di Malaysia dan Singapura. 

"Menteri ESDM meminta kita mempersiapkan daerah-daerah yang memungkinkan tersedianya energi terbarukan, untuk ekspor ke Malaysia dan Singapura," katanya, Rabu (28/7/2021). 

Atas tawaran itu, Gubri mengusulkan beberapa daerah di Riau yang geografisnya berdekatan dengan negara jiran Malaysia dan Singapura. 

"Tadi kita usulkan ke pak Menteri, daerah yang dekat dengan Singapura itu Pulau Burung, Indragiri Hilir, lebih 113 Km dari Singapura. Jadi kita siap investasi itu di sana," terangnya. 

Kemudian daerah yang dekat Malaysia, Gubri menawarkan ada tiga pulau. Yaitu pulau Rupat, pulau Bengkalis dan pulau Rangsang. 

"Jadi dari tiga pulau itu mana yang akan dipilih, tentu yang lebih dekat dari Malaka nantinya," ujar mantan Bupati Siak dua periode ini. 

"Tapi tadi dipesankan oleh pak Menteri, agar kiranya nanti ada investor yang berminat harga pembebasan lahannya jangan terlalu tinggi, agar nanti pembangunan energi terbarukan ini bisa di ekspor ke negara jiran," tukasnya.

(Mediacenter Riau/amn)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Cegah Corona, Pemprov Riau Antisipasi Klaster Sekolah

Jumat, 24 September 2021 | 21:02:22 WIB

Wagubri Ajak Masyarakat Riau Jaga Program PEN Mangrove

Kamis, 23 September 2021 | 15:57:24 WIB

BIN Daerah Riau Kembali Vaksinasi Massal 11 Ribu Peserta

Kamis, 23 September 2021 | 13:38:28 WIB