Jumat, 17 Safar 1443 H | 24 September 2021

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar nasution berharap dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK untuk tindak lanjut proses Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) dalam kawasan hutan yang ada di Provinsi Riau. 

Hal tersebut diutarakan Wagubri saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Provinsi Riau tahun 2021 secara virtual di Rumah Dinas Wakil Gubernur Riau, Kamis (29/7/2021). 

Dalam Rakor yang dibuka oleh Wakil Menteri ATR/BPN RI Surya Tjandra tersebut, Wagubri menyebutkan dari 7 kabupaten/kota yang mengusulkan TORA, telah disampaikan rekomendasi kepada Menko Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartanto sebanyak 5 kabupaten/kota dengan luas 14.342,78 hektar. 

"Namun sejauh ini persetujuan dan penyelesaian tata batas masih sangat minim atau kurang dari 10 persen," ujarnya. 

Untuk itu, mengingat secara faktual areal yang direkomendasikan pada umumnya berupa pemukiman dan lahan garapan masyarakat tempatan, agar tidak menimbulkan keresahan dan gejolak sosial di daerah, Wagubri berharap adanya dukungan untuk proses pelepasan kawasan. 

Lebih jauh Wagubri menjelaskan, potensi TORA di Provinsi Riau berasal dari berbagai sumber. Pertama, kewajiban 20 persen pemegang hak guna usaha (HGU) dalam rangka permohonan/perpanjangan/pembaharuan hak. 

Kedua, penyelesaian masalah/konflik pertanahan. Ketiga, tanah transmigrasi dan pelepasan kawasan hutan yang salah satunya berasal dari inver penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan. 

"Untuk itu kami melihat diperlukan kerjasama dari berbagai stakeholder terkait agar potensi-potensi TORA tersebut dapat ditindak lanjuti dengan penataan aset atau reditribusi tanah," pungkasnya.

(Mediacenter Riau/nv)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Cegah Corona, Pemprov Riau Antisipasi Klaster Sekolah

Jumat, 24 September 2021 | 21:02:22 WIB

Wagubri Ajak Masyarakat Riau Jaga Program PEN Mangrove

Kamis, 23 September 2021 | 15:57:24 WIB

BIN Daerah Riau Kembali Vaksinasi Massal 11 Ribu Peserta

Kamis, 23 September 2021 | 13:38:28 WIB