Jumat, 17 Safar 1443 H | 24 September 2021
Tutup Kegiatan Diseminasi Produk Kelompok Tani Hutan, Gubri: Semoga Dilakukan Berkesinambungan

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar secara resmi telah menutup acara diseminasi hasil kegiatan penyiapan UMKM bidang pemasaran produk Kelompok Tani Hutan (KTH) dan kawasan hutan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dalam lingkup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau secara virtual, di Kediaman Gubernur Riau, Kamis (29/7/2021).

Dalam kata sebutannya, Gubri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksana kegiatan tersebut, ia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan di Provinsi Riau.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PT. Chevron Pacific Indonesia, SKK Migas, Jaringan Masyarakat Peduli Gambut Riau (JMGR) dan lainnya atas terselenggaranya kegiatan ini, mudah-mudahan ini bisa dilakukan untuk tahap mendatang," katanya.

Gubri mengharapkan ke depannya semakin banyak perusahaan di Riau yang peduli terhadap KTH yang ada di Riau dan dapat berkontribusi nyata untuk membangun ekonomi masyarakat yang tinggal di kawasan hutan Riau.

Menurutnya, semakin banyak stakeholder yang peduli dengan kelestarian hutan dan masyarakat yang berada disekitar hutan, maka ini sekaligus merupakan capaian kontribusi dari mitra kebijakan dan rencana pembangunan Riau Hijau yang menjadi harapan bersama.

"Pada kesempatan ini kami sampaikan apresiasi dan penghargaan atas capaian kerja sama yang dilakukan ini," ucapnya.

Syamsuar menyebutkan, adanya pola diseminasi bagi UMKM KTH ini memberikan alternatif sumber ekonomi dan menjadikan masyarakat tidak lagi bergantung pada aktivitas pembukaan lahan secara intensif yang berpotensi merusak hutan apalagi lahan gambut.

Menurutnya, dalam perspektif wawasan pembangunan yang dikemas Riau Hijau, hal ini mendukung kinerja kualitas pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan perbaikan kualitas lingkungan hidup.

"Dengan demikian diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak pandemi COvID19 untuk bisa tetap eksis, oleh karena itu kami sangat berharap kegiatan ini dapat didorong hingga tahun berikutnya," ujarnya.

Gubri menambahkan, Pemprov Riau melalui DLHK Riau sangat mensupport kegiatan ini dan diharapkan memberikan manfaat bagi KTH dan juga diharapkan mendapatkan sumber ekonomi bagi masyarakat.

"Kami mengharapkan dukungan semua pihak untuk terciptanya Riau Hijau, mudah-mudahan dengan ikhtiar kita dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di tanah Melayu ini," ucapnya.

Turut mendampingi Gubri dalam kegiatan ini Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Maamun Murod.

(Mediacenter Riau/ip)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Cegah Corona, Pemprov Riau Antisipasi Klaster Sekolah

Jumat, 24 September 2021 | 21:02:22 WIB

Wagubri Ajak Masyarakat Riau Jaga Program PEN Mangrove

Kamis, 23 September 2021 | 15:57:24 WIB

BIN Daerah Riau Kembali Vaksinasi Massal 11 Ribu Peserta

Kamis, 23 September 2021 | 13:38:28 WIB