Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021
Kendaraan Yang Ditindak di Dumai Meningkat,  82 Truk Ditilang Dalam Razia Hari Kedua
Razia Gabungan di Dumai

PEKANBARU- Tim gabungan dari Dinas Perhubungan Provinsi Riau POM TNI AD, Ditlantas Polda Riau dan Korwas PPNS Ditreskrimsus Polda Riau, dibantu Satlantas Polres Dumai kembali melakukan razia kendaraan truk Over Dimensi Over Load (ODOL) di ruas jalan lintas Utara Riau tepatnya di Kota Dumai, Kamis (29/7/2021). Razia ini merupakan kegiatan hari kedua.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Andi Yanto didampingi Kabid Lalulintas Raja Firman mengatakan, pada kegiatan razia hari kedua, kendaraan yang terjaring razia lebih banyak dibandingkan hari pertama.

"Razia yang dilaksanakan di Kota Dumai ini merupakan kegiatan hari dua, kendaraan yang ditilang sebanyak 82 unit. Lebih banyak dari hari pertama yakni 56 unit. Jadi total sudah 138 kendaraan ditilang selama dua hari," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan razia tersebut dilaksanakan untuk mendukung program Gubernur Riau Syamsuar yang saat ini melakukan perbaikan jalan yang banyak rusak akibat banyaknya truk ODOL yang melintas.

"Truk ODOL menjadi salah satu penyebab jalan cepat rusak, karena truk tersebut membuat beban melebihi kapasitas," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pengawasan dan Pengendalian Lalulintas Dishub Riau, Suardi yang memimpin langsung kegiatan razia tersebut mengatakan, dari puluhan kendaraan yang ditilang tersebut yang terbanyak adalah kendaraan truk ODOL yang rata-rata 80 persen kendaraan tidak memiliki Buku Tanda Lulus Uji Berkala. Sesuai dengan Pasal 286 UULLAJ Nomor 22 Tahun 2009 dan Pasal 307 UULLAJ Nomor 22 Tahun 2009, dan para umumnya kendaraan tersebut  masih menggunakan Buku Uji lama yang sudah kadaluarsa. 

"Untuk selanjutnya kendaraan yang terjaring razia dihimbau untuk segera melakukan normalisasi kendaraan sampai akhir tahun 2021, sebagaimana yang telah ditetapkan Kementerian Perhubungan RI. Apabila tidak dilakukan normalisasi maka kendaraan tersebut tidak akan diterbitkan Buku Tanda Lulus Uji Berkala atau smart card," tegasnya. (Media Center Riau)

(Mediacenter Riau/ms)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Menteri ATR/BPN Pesan Masyarakat Jangan Gunakan Jasa Pinjol

Kamis, 02 September 2021 | 21:10:39 WIB

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB