Jumat, 17 Safar 1443 H | 24 September 2021
Kemenprin RI Paparkan Penerapan Prokes Untuk Manajemen Perusahaan

PEKANBARU - Direktur Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian RI, Ignatius Warsito memaparkan penerapan protokol kesehatan untuk pimpinan ataupun manajemen perusahaan.

Adapun prokes yang perlu diterapkan pimpinan atau manajemen perusahaan diantaranya, membentuk satuan tugas COVID-19 di lingkungan pabrik atau perusahaan dan berkoordinasi dengan satuan tugas COVID-19 Pemerintah Daerah setempat.

"Juga menyediakan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan di lingkungan pabrik atau perusahaan dan atau bekerjasama dengan fasilitas pelayanan kesehatan,"  katanya saat dialog interaktif penguatan dan pengawasan Prokes di kawasan industri Provinsi Riau secara virtual, Jumat (30/7/2021).

Selanjutnya,  menyusun panduan pengaturan masuk dan pulang kerja pergantian shift, istirahat, kegiatan ibadah, makan dan aktivitas lain yang dapat menimbulkan kerumunan serta melakukan upaya pencegahan dan penanganan penyebaran COVID-19 di lingkungan pabrik atau perusahaan.

Selain itu, Warsito juga mengungkapkan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan pabrik atau perusahaan perlunya melakukan screening awal kepada seluruh pekerja melalui pemeriksaan suhu tubuh dan atau pemeriksaan orang dengan gejala pernapasan pada waktu memasuki area pabrik.

"Screening ini juga dilakukan termasuk kepada orang selain pekerja yang memasuki area pabrik atau perusahaan," ucapnya.

Kemudian, melarang pekerja atau orang selain pekerja untuk masuk area pabrik bagi yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri dalam 14 hari terakhir dan melarang pekerja atau orang selain pekerja untuk masuk area pabrik jika sedang tidak sehat.

"Di lingkungan perusahaan juga harus menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan atau menyediakan cairan pembersih yang memadai dalam jumlah yang cukup dan mudah dijangkau di area akses keluar masuk bangunan atau gedung atau ruangan dan area kerja," jelasnya.

Ia juga menuturkan penerapan prokes di lingkungan perusahaan perlu menyediakan sirkulasi udara yang baik di area kerja atau fasilitas lain yang digunakan sebagai tempat bekerja.

(Mediacenter Riau/dw)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Cegah Corona, Pemprov Riau Antisipasi Klaster Sekolah

Jumat, 24 September 2021 | 21:02:22 WIB

Wagubri Ajak Masyarakat Riau Jaga Program PEN Mangrove

Kamis, 23 September 2021 | 15:57:24 WIB

BIN Daerah Riau Kembali Vaksinasi Massal 11 Ribu Peserta

Kamis, 23 September 2021 | 13:38:28 WIB