Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021
Satu Solusi dari Gubernur Riau, Empat Manfaat untuk Rohil
Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar (tengah) bersama rombongan meninjau jalan Pedamaran, Rohil, Riau, Jumat (30/7/2021).

ROHIL - Usai melakukan kunjungan di Kantor Camat Perkaitan, Rohil, Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar, bersama rombongan menelusuri jalan Pedamaran yang dalam proses pengerasan.

Sepanjang jalan tanah sekitar 32 kilo meter itu, debu tebal menyelimuti. Lalu, di pertengahan jalan, Mobil BM 1 yang ditumpangi Syamsuar sempat berhenti, karena jalan rusak berat. Silap mengambil jalan, bisa terpuruk. 

Persoalan jalan milik Pemprov Riau yang sering rusak ini, disebabkan daerah tersebut memang daerah rawa. Sehingga bila musim penghujan tiba, kerusakan jalan tak dapat dihindari lantaran banjir. Sedangkan bila musim panas, daerah tersebut selalu terjadi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). 

Meskipun daerah Pedamaran sering terjadi banjir dan Karlahut, namun ada potensi alam yang bisa digarap. Sehingga hal ini dapat menopang pertumbuhan ekonomi setempat. Yakni, ada sejumlah danau yang bisa dikemas menjadi objek wisata baru, dan potensi perkebunannya.

Di pinggir jalan berdebu dan di bawah terik matahari siang Jumat (30/7/2021), setelah meninjau dan mendapat laporan dari Bupati Rohil, Afrizal Sintong dan Camat Perkaitan, Saryono yang ketika itu turut mendampingi Syamsuar melakukan kunjungan kerja, sebuah solusi langsung ditawarkan orang nomor satu di Provinsi Riau itu. 

"Siapkan lahan seluas 5 haktare, entah itu boli (beli, red) atau dapat sedekah. Di atas lahan 5 haktare itu kita bangun waduk," kata Gubri Syamsuar dengan logak Melayu Rohil.

Kementerian PUPR, jelas Syamsuar, ada program pembangunan waduk, namun daerah diminta untuk menyediakan lahan 5 haktare. "Saya sudah bicarakan hal ini ke Kementerian PUPR, mereka bersedia membangun waduk di sini," ungkap Syamsuar. 

"Ado tak lahan sebanyak 5 haktare," tanya Syamsuar kepada Camat Perkaitan Saryono yang langsung menjawab, "Ado, Pak."

Kalau nantinya waduk sudah dibangun pada tahun inu, maka masalah banjir bisa diatasi, debit air dapat diatur sedemikian rupa. Selain bisa mengatasi banjir, penanganan kebakaran lahan dan hutan di sini juga bisa cepat diatasi.

Sedangkan untuk pengerjaan fungsional jalan, nantinya dikerjakan PUPR Riau. Dananya bisa dari hibah Amerika yang diperoleh Provinsi Riau, dan untuk infrastruktur jalan ini sudah dimasukan dalam hibah dari Amerika itu. 

"Danau-danau kecil yang ada di sini, bisa kita jadikan objek wisata. Kita bersihkan, dan tentunya hal ini nantinya dapat menjadi pendapatan baru bagi masyarakat di sini," harap Syamsuar.

Ini Kunjungan Kerja Luar Biasa 

Sambil mengelap keringat di dahi dengan tangan kanannya, Afrizal Sintong, tampak tersenyum lebar saat jumpa pers. "Ini kunjungan Pak Gubernur yang sangat luar biasa, mudah-mudahan semua keluhan ini cepat terealisasi," kata bupati yang biasa disapa Bang Epi Sintong itu.

Satu waduk yang akan dibangun, ucap Epi Sintong, ada empat manfaat yang bisa didapati masyarakat. Yakni, bisa mengatasi banjir, mengatasi Karlahut, bermanfaat bagi perkebunan dan danau bisa menjadi objek wisata yang baru.

(Mediacenter Riau/fik)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Wapres Paparkan Perbaikan Kesejahteraan Petani Kelapa Sawit

Kamis, 02 September 2021 | 22:50:11 WIB

Warga Binaan Pemasyarakatan Dilatih Wirausaha Produk Kopi

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 22:16:15 WIB

Teluk Bono II Resmi Jadi Desa Hijau di Rohil Riau

Jumat, 27 Agustus 2021 | 21:05:13 WIB

Gubri Puji Prestasi Rumah Tahfiz Al Quran Darul Muqomah

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 10:38:30 WIB

Gubri Resmikan Pondok Tahfidz Quran Daarul Muqoomah

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 09:30:22 WIB

Buat Konten, Gubernur Riau Jual Wisata Rohil

Ahad, 01 Agustus 2021 | 13:27:32 WIB