Jumat, 17 Safar 1443 H | 24 September 2021
IAKMI Riau Diharapkan Ambil Peran Lawan Virus Corona

PEKANBARU - Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Riau diharapkan dapat mengambil peran dalam melawan virus corona sehingga laju kasus di Provinsi Riau dapat dikendalikan. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir dalam acara Pengukuhan Kepengurusan IAKMI Riau periode 2021-2024 secara virtual, Sabtu (31/7/21). 

Sebagai organisasi profesi khususnya dalam bidang kesehatan, IAKMI juga diharapkan bisa berkolaborasi dan memberikan masukan-masukan kepada pemerintah dalam penanggulangan Covdi-19. 

Mimi menyampaikan, menurut data per tanggal 30 Juli 2021, total kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau berjumlah 95.561 kasus, 80.778 kasus diantaranya telah dinyatakan sembuh, serta 1.256 kasus lainnya masih dirawat di rumah sakit. 

Meski pemerintah telah mengambil berbagai langkah strategis untuk penanganan pandemi, tetapi peran organisasi termasuk IAKMI untuk memastikan kesehatan masyarakat juga sangat penting. 

Untuk itu, pihaknya berharap IAKMI bisa turut andil dalam mengambil tindakan-tidakan kepada masyarakat seperti menggencarkan atau mensosialisasikan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi. 

"Organisasi bisa melakukan tindakan dan sosialisasi kepada masyarakat sehingga dapat memberikan motivasi dan mengajak masyarakat untuk melaksanakan 5M, karena kalau tidak dari sinilah awal terjadinya penambahan kasus," jelasnya. 

Tak hanya itu, peran IAKMI Riau dalam memasifkan vaksinasi kepada masyarakat juga dibutuhkan. Mengingat 70 persen dari jumlah penduduk Riau harus divaksinasi sehingga kekebalan komunal bisa tercapai. 

Hingga saat ini Provinsi Riau baru 19.6 persen melakukan vaksinasi pertama, dan 12.4 persen untk vaksinasi ke dua. 

"Jumlah ini belum bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena masyrakat kita 6.3 juta jiwa, dan tentunya 70 persen dari masyarakat harus mendapatkan vaksinasi dan kita secara keseluruhan vaksinasi lengkap baru 12.4 persen," imbuhnya.

(Mediacenter Riau/nv)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Cegah Corona, Pemprov Riau Antisipasi Klaster Sekolah

Jumat, 24 September 2021 | 21:02:22 WIB

Wagubri Ajak Masyarakat Riau Jaga Program PEN Mangrove

Kamis, 23 September 2021 | 15:57:24 WIB

BIN Daerah Riau Kembali Vaksinasi Massal 11 Ribu Peserta

Kamis, 23 September 2021 | 13:38:28 WIB