Jumat, 17 Safar 1443 H | 24 September 2021
Wagubri Hadiri Rakor Evaluasi Perkembangan PPKM Level IV Secara Virtual

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution menghadiri rapat koordinasi evaluasi perkembangan dan tindaklanjut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV di luar Jawa-Bali secara virtual yang dihelat di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (31/7/2021).

Rapat tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Dalam arahannya, Airlangga menyampaikan bahwa dalam penerapan PPKM diharapkan adanya peningkatan disiplin terhadap protokol kesehatan.

"Disiplin protokol kesehatan terutama menggunakan masker, membagikan masker kepada masyarakat dari TNI Polri yang ada didaerah serta peningkatan jumlah tempat tidur yang harus di atas 62 persen," ujarnya.

Ia melanjutkan fasilitas isolasi terpusat juga harus menjadi perhatian dalam penanganan Covid-19 selain itu obat-obatan, fasilitas isolasi, target vaksinasi kemudian mobilitas sesuai aturan PPKM level IV, serta penyaluran bantuan sosial baik dari pusat maupun bantuan sosial yang telah disiapkan pemerintah daerah.

"Kota-kota yang sangat terdampak oleh Covid-19 hampir seluruhnya adalah ibukota provinsi serta kabupaten/kota di sekitarnya, sehingga dalam penanganannya perlu lebih diperketat," terangnya.

Ia menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo bahwasanya daerah yang sangat terdampak harus belajar dari daerah yang telah mampu menurunkan angka kasus serta mampu melakukan penekanan sehingga tidak terjadi lonjakan.

"Pada PPKM Mikro untuk ditingkat desa RT/RW untuk diluar Jawa Bali posko-posko belum semuanya siap sehingga perlu disiapkan karena dengan demikian Covid-19 bisa dikendalikan," ungkap Airlangga.

Ia menjelaskan bahwa daerah yang melakukan PPKM hampir keseluruhan adalah kota-kota besar yang ada disetiap provinsi sehingga perlu kerja sama dengan pihak swasta mengingat kemampuan dari setiap provinsi pihak swastanya sangat pontensial.

"Kemampuan dari pihak swasta dari setiap provinsi kelihatan pontensial dan dalam penanganan Covid-19 harus melibatkan seluruh Stakeholder supaya mampu mengendalikan pandemi," pungkasnya.

Turut hadir Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Indra Putrayana. (MC)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Cegah Corona, Pemprov Riau Antisipasi Klaster Sekolah

Jumat, 24 September 2021 | 21:02:22 WIB

Wagubri Ajak Masyarakat Riau Jaga Program PEN Mangrove

Kamis, 23 September 2021 | 15:57:24 WIB

BIN Daerah Riau Kembali Vaksinasi Massal 11 Ribu Peserta

Kamis, 23 September 2021 | 13:38:28 WIB