Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021
Cek SPAM Durolis, Gubernur Riau Minta Rekrutmen Tenaga Kerja Berkompeten
Gubernur Riau, Syamauar menggelar pertemuan di UPT PAM Durolis, Kabupaten Rokan Hilir pada Sabtu (31/7/2021).

ROHIL - Untuk memastikan ketersediaan layanan air minum perpipaan, Gubernur Riau, H Syamsuar meninjau Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rohil dan Bengkalis (Durolis) di Kabupaten Rokan Hilir. 

Kunjungan kerja (kunker) Gubernur Riau ini, sekaligus mengecek kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM), pada Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Air Minum (PAM), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), pada Sabtu (31/7/2021).

Usai peninjauan, Gubernur Riau, H Syamsuar, menggelar pertemuan bersama bersama Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong, dan Kepala Unit Pelayanan Teknis UPT PAM Durolis, Edwin.

Gubernur Riau mengatakan, kondisi SPAM Durolis saat ini sudah beroperasi dan jaringan airnya sudah mengalir ke rumah warga, baik yang ada beberapa daerah di Kabupaten Rohil, Dumai dan Bengkalis.

“Kami bersama Bupati, membahas beberapa hal yang terkait dengan UPT ini, karena target kita kan SPAM Durolis ini selesai tahun 2021, sambungan-sambungan rumah sampai kerumah masyarakat,” ujar Gubri, Syamsuar.

Dijelaskan Gubri, dalam perjalan pembangunan SPAM Durolis, hingga beroperasi ditahun 2021 ini, masih ada kendala dalam menjalankan UPT Pengengelolaan Air Minum, terutama kekurangan tenaga kerja dalam pengoperasian SPAM Durolis. Untuk itu Gubri meminta kepada Pemkab Rohil agar segera merekrut tenaga kerja untuk ditempatkan di UPT PAM Durolis.

“Persoalan sekarang masih kekurangan Sumber Daya Manusianya, kita sudah kasih masukan ke Bupati, agar hal ini cepat disegerakan. Bupati sudah siap di bulan Agustus ini. Nanti dilatih lagi yang diterima, agar nanti mereka bisa mandiri, kompetensi sesuai yang diharapkan,” tegas Gubri.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara bertahap membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) skala regional di Provinsi Riau.

Pembangunan ini untuk mendukung layanan air minum perpipaan di Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Bengkalis atau dikenal dengan SPAM Regional Durolis.

Data Kementerian PUPR menyebutkan, bahwa ecara keseluruhan SPAM Regional Durolis memiliki kapasitas sebesar 1.500 liter/detik dengan target penerima manfaat 150.000 Sambungan Rumah (SR).

Pembangunan SPAM Regional Durolis diinisiasi oleh Pemprov Riau sebagai bagian dalam perwujudan komitmen Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk peningkatan pelayanan dasar publik bidang air minum.

Dukungan infrastruktur diberikan Kementerian PUPR melalui Ditjen SDA untuk intake Sungai Rokan dan jaringan transmisi air baku.

Ditjen Cipta Karya untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA), reservoir, perpipaan Jaringan Distribusi Utama (JDU) dan offtake.

Sementara, jaringan ke rumah penduduk dan SR akan dibangun oleh  masing-masing kabupaten/kota penerima manfaat.

Layanan SPAM skala regional diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air minum.

Sumber air yang digunakan dalam pembangunan SPAM Regional Durolis berasal dari Sungai Rokan sebagai  sumber air baku satu-satunya yang layak digunakan untuk pelayanaan air minum di ketiga wilayah tersebut.

(Mediacenter Riau/ji)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Wapres Paparkan Perbaikan Kesejahteraan Petani Kelapa Sawit

Kamis, 02 September 2021 | 22:50:11 WIB

Warga Binaan Pemasyarakatan Dilatih Wirausaha Produk Kopi

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 22:16:15 WIB

Teluk Bono II Resmi Jadi Desa Hijau di Rohil Riau

Jumat, 27 Agustus 2021 | 21:05:13 WIB

Gubri Puji Prestasi Rumah Tahfiz Al Quran Darul Muqomah

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 10:38:30 WIB

Gubri Resmikan Pondok Tahfidz Quran Daarul Muqoomah

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 09:30:22 WIB

Buat Konten, Gubernur Riau Jual Wisata Rohil

Ahad, 01 Agustus 2021 | 13:27:32 WIB