Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021
Gubri Ikuti Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka secara Virtual

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengikuti kegiatan Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka secara Virtual di Kediaman Gubernur, Minggu (1/8/2021) malam.

Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas saat memberi sambutan menyampaikan kegiatan yang dilakukan dalam rangka mensyukuri kemerdekaan, menjaga spirit serta menyempurnakan ikhtiar lahir bangsa dalam melewati masa sulit pandemi Covid-19.

"Untuk itu sebagai umat beragama hendaknya kita melengkapinya dengan berzikir dan berdoa kepada Allah menfhadapi pandemi yang sampai saat ini belum usai," ujar Yaqut.

Sehingga perlu semua orang untuk menundukan kepala bersimpuh dan memohon keagungan tuhan dan menambah keimanan dan ketabahan, pemerintah dan masyarakat harus bersatu dalam menangani pandemi Covid-19.

"Seluruh jajaran pemerintahan, kementerian, lembaga dan aparatur negara TNI Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat diharapkan dapat berperan aktif untuk mensosialisasikan protokol kesehatan dan memberi contoh nyata di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Adapun protokol kesehatan yang harus disosialisasikan diantaranya yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas serta selalu berdoa agar pandemi ini segera berakhir di negara indonesia.

"Kampaanye 5M+1D ini perlu kita masifkan agar menjangkau semua lapisan masyarakat manapun," terangnya.

Ia menjelaskan bahwa doa merupakan senjata ampuh bagi orang yang beriman, doa adalah penenang jiwa dan doa merupakan penumbuh harapan hidup sehingga kehidupan harus dijaga sebagai anugrah terbesar dari tuhan.

"Allah pasti akan menolong dan menyelamatkan kita semua baik sebagai individu, masyarakat maupun sebagai bangsa, karena setiap cobaan dan bencana yang diturunkan oleh tuhan adalah untuk menyadarkan manusia agar memperbaiki diri dan mendekat kepada-Nya serta mengikuti petunjuk yang diberikan-Nya," tuturnya.

Ia berharap pandemi Covid-19 lekas berakhir dan kehidupan normal dapat dinikmati kembali dengan terus senantiasa bersyukur atas nikmat dan seluruh karunia-Nya yang melebihi masa-masa sebelumnya.

Ia juga melaporkan bahwa dalam kegiatan Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka secara Virtual juga berhimpun para tokoh lintas agama yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

"Kita semua bersama sama memanjatkan doa sesuai keyakinan dan tata cara masing masing untuk keselamatan dan kemaslahatan seluruh bangsa," tutupnya.

Hadir dalam kegiatan Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka secara Virtual, Preaiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Wakil Preaiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin sekaligus memberikan tausiyah agama.

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Besok, Leani Atlet Paralimpiade Tokyo Akan Diarak

Sabtu, 18 September 2021 | 17:49:38 WIB

Gubri Harap Prestasi Catur Riau Ke Depan Bisa Lebih Baik  

Sabtu, 18 September 2021 | 15:05:35 WIB

Gubri Hadiri Acara Pelantikan Pengprov Percasi Riau

Sabtu, 18 September 2021 | 14:49:36 WIB

Peran TNI dan Polri Sangat Penting Dalam Penanganan COVID-19

Jumat, 17 September 2021 | 21:26:25 WIB

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB

Tahun Ini DLHK Riau Bangun 100 Sekat Kanal di Tiga Daerah

Kamis, 16 September 2021 | 21:24:06 WIB