Sabtu, 17 Rabiul Awwal 1443 H | 23 Oktober 2021
Dishub Riau Kampanyekan Keselamatan Transportasi Air di Inhil
Dishub Riau menggelar Kampanye keselamatan di Terminal Bandar Laksama Indragir, Kota Tembilahan.

PEKANBARU - Dinas Perhubungan Provinsi Riau, lakukan kampaye keselamatan transportasi air Kabupaten Indragiri Hilir. 

Kampanye keselamatan yang digelar di Terminal Bandar Laksama Indragiri, Kota Tembilahan itu, guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran khususnya  terhadap keselamatan transportasi air terhadap pelaku usaha dan operator. 

"Keselamatan hal yang harus diprioritaskan. Tidak saja pada operator, tetapi penumpang juga," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Andi Yanto, Kamis (5/8/21). 

Pentingnya pemenuhan standar keamanan tersebut, karena namanya musibah yang disebabkan berbagai hal, bisa saja terjadi kapan pun. Ada pun, sarana keselamatan mesti dilengkapi seperti life jacket (pelampung).

Selain itu, hal lain yang juga jadi perhatian terkait asuransi penumpang. Dengan demikian, penumpang juga merasakan jaminan selama menggunakan transportasi air tersebut. 

"Penumpang juga perlu diasuransikan," ungkap Andi.

Lebih lanjut, Mantan Kadishub Rokan Hulu ini juga mengingatkan agar pelaku usaha mau pun operator  segera mengurus perizinan trayek. Pasalya, pemerintah akan menindak tegas angkutan ilegal. 

Kepala Bapenda Riau H Herman, yang hadir dalam kampaye keselamatan transportasi air tersebut, memaparkan bahwa pentingnya   kepatuhan membayar pajak dan retribusi dan retribusi. Dari pajak dan retribusi yang dibayar tersebut, menjadi sumber pendapatan daerah, untuk membiayai pembangunan. 

"Mudah-mudahan dengan meningkatnya pendapatan daerah, semakin meningkat. Sehingga, pembangunan sarana transportasi seperti dermaga, halte, rambu bisa terus berkembang," ungkap Herman.

Sementara Kabid Angkutan Jalan Dishub Riau Indrawansyah, ditempat terpisah mengatakan bahwa kampanye keselamatan transportasi ini akan terus dilakukan dibeberapa kabupaten kota lainnya di Riau. 

Indrawansyah berharap, kegiatan ini dapat memberikan efek positif dengan meningkatnya pemahaman dan kesadaran akan keselamatan dalam menggunakan  transportasi air. 

"Terkait kegiatan ini, kami akan menggandeng pihak-pihak terkait agar pelaksanaannya lebih padat, efektif, efisien tepat sasaran. Tak hanya sekedar sosialisasi, kami juga akan mengawasinya. Sehingga pesan keselamatan yang kita lakukan dapat terwujud," ujar Indrawansyah lagi.

Turut hadir,  Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau Ilham, Kepala BPTD Wilayah IV Riau-Kepri diwakili Wira, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir H Rudiansyah, KSOP Tembilahan Suratno, Kepala UPT Bapenda Tembilahan Fuadilazy Pimpinan PT Pelindo, Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Dishub Inhil, termasuk operator angkutan perairan dan angkutan umum.

(Mediacenter Riau/mtr)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

Gubri minta Warga Anak Suku Dalam Tidak Hidup Nomaden

Senin, 18 Oktober 2021 | 14:24:37 WIB

Kapolda Serahkan 1.500 Dosis Vaksin di Inhil

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:54:08 WIB

Konflik Gajah dan Warga di Inhil, Ini kata BBKSDA Riau

Jumat, 27 Agustus 2021 | 16:28:02 WIB

Harimau Sumatera Muncul di Wilayah Indragiri Hilir

Senin, 19 Juli 2021 | 21:20:03 WIB