Jumat, 17 Safar 1443 H | 24 September 2021
Riau Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah, Ini Rangkaian Kegiatannya
Tangkapan layar pembukaan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera 2021

PEKANBARU - Kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera 2021 yang dilaksanakan di Pekanbaru, Selasa (10/8/2021) Riau resmi dibuka oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi.

Kepala BI Riau yang juga Ketua Panitia FESyar 2021, Decymus menyampaikan kalau kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera 2021 bukan hal baru, sudah digelar sejak 2017 lalu, mulai dari Sumatera Utara sebagai tuan rumah, lalu Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Riau pada saat ini.

"FESyar 2021 juga merupakan kegiatan menuju ????Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 8th 2021," ujarnya.

Decymus menyebut kalau FESyar Sumatera 2021 yang digelar 10-15 Agustus 2021 merupakan hasil sinergi antara Bank Indonesia, Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat dengan mengusung tema "Bersinergi Membangun Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk Memperkuat Momentum Pemulihan Ekonomi Melalui Konektivitas Wilayah".

FESyar Regional Sumatera 2021 adalah puncak acara dari kegiatan Road to FESyar yang sebelumnya sudah dilaksanakan oleh 13 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera.

Sharia Forum yang akan diisi oleh webinar-webinar edukasi ekonomi syariah, Gerakan Sadar Wakaf, Pemilihan Pesantren Unggulan dan Pemilihan Lembaga Ziswaf Unggulan. 

Sementara itu, Sharia Fair yang akan diisi oleh Tabligh Akbar, Showcasing Produk Unggulan UMKM, Business Coaching, Talkshow & Workshop.

Sejumlah perlombaan seperti Lomba wirausaha muda syariah, lomba video kesenian tari daerah islami, lomba kreasi busana muslim menggunakan kain daerah Sumatera, Lomba lagu nasyid dan MTQ.

Mengingat masih Pandemi COVID-19, semua rangkaian kegiatan akan dilakukan secara Live melalui aplikasi Zoom dan YouTube Bank Indonesia Riau.

Sementara itu, Gubernur Riau menyambut baik pelaksanaan FESyar Regional Sumatera 2021 di Riau, mengharapkan dengan adanya kegiatan itu nantinya dapat meningkatkan perekonomian, serta diharapkan pula menambah pemahaman masyarakat terkait ekonomi syariah.

"Masih banyak masyarakat kita yang belum paham dengan  ekonomi syariah, jadi kita harapkan ada pemahaman dari masyarakat melalui acara itu nanti," harapnya.

Syamsuar juga menyambut baik, sebab penyelenggaran FESyar ini bertepatan dengan hari ulang tahun Provinsi Riau ke-64, 9 Agustus 2021.

Dia berharap, kesadaran masyarakat di Riau tentang ekonomi dan keuangan syariah semakin meningkat dengan agenda ini. 

Syamsuar menegaskan pihaknya sangat serius dalam pengembangan ekonomi syariahdi Riau, salah satunya dengan upaya menjadikan Bank Riau-Kepri sebagai bank syariah yang saat ini tengah diproses di OJK.

(Mediacenter Riau/nur)

Video

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Berita Terkait

Mohon Maaf, Program Gerakan Satu Juta Vaksin GAPKI Diundur

Jumat, 24 September 2021 | 09:44:43 WIB

Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia di Riau Gelar Vaksinasi

Kamis, 23 September 2021 | 20:01:05 WIB

Pekanbaru Targetkan PPKM Level 1

Kamis, 23 September 2021 | 13:49:48 WIB

Stok Vaksin Pekanbaru Tersedia 15.511 Vial

Rabu, 22 September 2021 | 21:16:04 WIB