Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021
Ikuti Rakor COVID-19 se-Sumatera, Dinkes Riau Sampaikan Penanganan COVID-19 di Riau
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Muhammad Ridwan

PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Muhammad Ridwan menghadiri rapat koordinasi teknik monitoring dan evaluasi penerapan PPKM dan penanganan COVID-19 di wilayah Sumatera secara virtual di Ruangan Riau Command Center, Sabtu (14/8/2021).

Dalam rakor yang dipimpin langsung oleh Deputi I Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir ini membahas terkait upaya-upaya pemerintah daerah dalam rangka menekan penularan COVID-19 serta untuk meningkatkan koordinasi antar wilayah se-Sumatera dalam menangani pandemi COVID-19.

Ridwan menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 di Riau. Adapun beberapa upaya tersebut yakni dengan melakukan penambahan tempat isolasi terpusat bahkan rumah sakit darurat bagi pasien terkonfirmasi COVID-19.

"Untuk Provinsi Riau memang kasusnya akhir-akhir ini meningkat dan positivity rate juga masih tinggi. Kita terus berupaya melakukan testing, tracing, dan treatment agar kasus ini bisa dikendalikan," ujarnya.

Untuk testing sendiri, lanjut Ridwan, terus dilakukan untuk mendeteksi dini penyebaran COVID-19. Jika ditemukan adanya kasus positif maka langsung ditempatkan di tempat isolasi terpusat yang disediakan pemerintah.

"Kemudian pemerintah daerah juga sudah diinstruksikan untuk menambah kapasitas tempat tidur di rumah sakit," ucapnya.

Selain itu Pemprov Riau juga sudah merencanakan menambah kapasitas isolasi terpusat (isoter) yang ada di Pekanbaru. Jadi nantinya ada beberapa penambahan isoter, diantaranya di Balai Pertanian dan rumah singgah oksigen gotong royong di Lanud Roesmin Nurjadin.

Kemudian gelanggang remaja juga akan digunakan dalam rangka persiapan isoman pasien positif yang ada di Pekanbaru, serta adanya rancangan rumah sakit darurat di Asrama Haji.

"Mudah-mudahan dengan penambahan ini kita bisa mengantisipasi kekurangan tempat tidur dan bisa menekan laju penularan COVID-19," tuturnya.

Sementara untuk mengurangi mobilitas warga, juga dilakukan penyekatan-penyekatan di Provinsi Riau. Terutama di Kota Pekanbaru yang dilakukan di beberapa titik.

"Penyekatan ini tujuannya baik, untuk mengurangi mobilitas dan memutus penularan Coronavirus," ucapnya.

Terkait ketersediaan oksigen, saat ini masih mencukupi. Hal tersebut, ungkapnya, karena Provinsi Riau mendapatkan support dari beberapa perusahaan di Riau untuk membantu ketersediaan liquid oksigen.

Ketersediaan obat di Riau masih aman dan ketersedian rapid antigen juga cukup, dengan demikian diharapkan bisa mencukupi untuk melakukan testing, tracing, dan treatment di Riau.

"Adanya bantuan perusahaan untuk oksigen ini sangat membantu Pemprov Riau, bagi rumah sakit yang ingin melakukan penambahan oksigen harus membawa tabung sendirian, nanti diisi ulang di halaman kantor gubernur," tutupnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Naik Lagi, Berikut Daftar Lengkap Harga Sawit di Riau

Selasa, 23 November 2021 | 11:54:41 WIB

Alhamdulillah, Harga Sawit Naik dan Pecah Rekor

Selasa, 23 November 2021 | 11:46:04 WIB

Iven ICCF 2021 Digelar di Riau, UMKM Antusias

Sabtu, 20 November 2021 | 15:45:07 WIB

Diskes Ingatkan Calon Jamaah Umroh Riau Segera Vaksin

Rabu, 17 November 2021 | 19:04:30 WIB