Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021

DUMAI - Program dana hibah pembangunan rumah ibadah yang disalurkan pemerintah kota (Pemkot) Dumai Riau ke 32 masjid dan musalla dalam bulan suci Ramadhan ini dianggarkan total Rp735 juta.

"Dana hibah ini untuk mendukung kegiatan pembangunan rumah ibadah dan operasional masjid musalla dalam rangka pengembangan syiar agama Islam," kata Walikota Dumai Khairul Anwar, Rabu (16/7).

Menurutnya, bantuan rumah ibadah yang disalurkan Pemkot dalam kegiatan safari ramadhan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap pembangunan umat dalam upaya menyukseskan visi Dumai menjadi kota berbudaya agamis.

Karena itu dia berharap pengurus masjid musalla yang menerima bantuan pemerintah dapat memanfaatkan dengan sebaiknya untuk keperluan pembangunan rumah ibadah dan meringankan beban pendanaan.

Sebanyak 32 rumah ibadah yang mendapat bantuan dari pemerintah ini terdiri dari 19 masjid dengan besaran Rp25 juta dan 13 Musalla sebesar Rp20 juta dan akan diserahkan langsung oleh walikota maupun wakil walikota.

Dia berpendapat, membangun rumah ibadah hendaknya diselingi juga antusiasnya jemaah meramaikan masjid dan musalla tersebut dan para pengurus serta kaum ulama diharapkan dapat mengajak memakmurkannya.

Disamping itu, mengisi bulan ramadhan di masjid maupun musalla dengan kegiatan keagamaan, seperti menghidupkan aktivitas jemaah dengan ibadah sunnat sholat tarawih, witir berjamaah serta mengaji Alquran atau tadarus.

"Masjid sebagai tempat peribadatan umat muslim merupakan salah satu faktor penting dalam ritualitas keagamaan, karena berfungsi juga sarana pengembangan akhlak manusia mencapai tingkat madani," terangnya. (MC Riau/ar)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Menteri ATR/BPN Pesan Masyarakat Jangan Gunakan Jasa Pinjol

Kamis, 02 September 2021 | 21:10:39 WIB

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB