Selasa, 8 Syawwal 1445 H | 16 April 2024
Gubernur Riau Dukung Program Zona Syariah Sampai ke Kabupaten dan Kota
Gubernur Riau Syamsuar (dua dari kanan), ketika kunker di Desa Rimba Makmur, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Rabu (1/9/2021).

KAMPAR - Gubernur Riau Syamsuar berkeinginan zona syariah bisa berkembang sampai ke pelosok desa. Ia berkomitmen melakukan penguatan program ini untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. 

"Pak Wapres Ma'ruf Amin telah mencanangkan zona syariah di Riau. Tentunya kita ingin zona syariah ini tidak hanya ada di Ibu Kota provinsi [Pekanbaru] tetapi juga ada di daerah kabupaten/kota di Riau," kata Gubernur Riau, ketika menghadiri pencanangan zona ekonomi syariah di Desa Rimba Makmur, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Rabu (1/9/2021). 

Saat hadir pada acara pencanangan itu, Gubernur Riau juga memastikan laporan yang disampaikan Kepala desa. Ia berharap program ekonomi syariah ini bisa berjalan baik dan dapat ditingkatkan di masa yang akan datang. 

"Tentunya ini kami support. Apalagi disini ada pengembangan-pengembangan ekonomi lainya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Syamsuar. 

Disampaikannya, bahwa Pemprov Riau telah memberikan program Bantuan Keuangan Khusus Desa. Ia berharap bantuan tersebut bisa juga mampu membantu memeningkatkan ekonomi. 

"Bantuan desa tahun ini ada sekitar 100 juta rupiah dan tahun depan 200 juta rupiah per desa. Jadi bisa dimanfaat melalui BumDes dan kegiatan ekonomi lainya. Kita berikan kesempatan agar dana ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ujarnya. 

Lebih lanjut, Gubernur Riau mengapresiasi usaha pembibitan sapi yang sudah berjalan di Desa Rimba Makmur. Ia katakan, bahwa dangan adanya usaha pembibitan itu bisa membantu kesejahteraan warga kurang mampu. 

"Dengan adanya usaha pembibitan sapi yang sudah berjalan disini, bagi masyarakat yang kurang mampu bisa diberikan sapi agar meningkatkan kesejahteraannya," sebutnya. 

Untuk menguatkan pembangunan berbasis syariah di samping melaksanakan program prioritas pembangunan nasional, pemprov Riau juga telah mengembangkan destinasi wisata halal dan usaha mikro kecil menengah (UKM) halal.

Kegiatan Pencanangan zona ekonomi syariah dipusatkan di halaman Kantor Desa Rimba Makmur. Selain dihadiri secara langsung oleh Gubernur Riau, kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan kepala daerah di Riau.

"Zona ekonomi syariah merupakan kawasan pengembangan ekonomi unggulan sebagai primadona industri halal menuju kemandirian ekonomi bangsa," kata Kepala Desa Rimba Makmur, Rustamji. 

MC Riau

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pemkab Kampar Akan Lakukan Pasar Murah Selama Ramadan

Senin, 18 Maret 2024 | 15:02:23 WIB