Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021

DUMAI - Sebanyak 700 Mustahik yang tersebar di 7 kecamatan kota Dumai, Riau menerima zakat konsumtif dari Badan Amil Zakat (BAZ) setempat sejumlah Rp250 ribu per jiwa.

Ketua BAZ Dumai sekaligus Wakil Walikota Agus Widayat menyatakan, penyaluran zakat dilakukan secara bertahap, bertujuan membantu warga kurang mampu dalam mempersiapkan kebutuhan ramadhan dan menyambut perayaan Idul Fitri mendatang.

Dia menjelaskan, penghimpunan dana zakat ini berasal dari pribadi orang maupun instansi pemerintah dan perusahaan swasta serta badan usaha milik negara dan daerah yang membayarkan kewajiban melalui BAZ.

"Jika pengumpulan zakat dilakukan secara optimal dan semua wajib dengan kesadaran membayarkan, maka dalam setahun berpotensi bisa terkumpul Rp11 miliar. Pengelolaan zakat belum optimal karena masih banyak instansi pemerintah yang enggan menyalurkan melalui BAZ dan memilih jalur lain, dan kedepan kekurangan ini akan dibenahi lagi," terangnya.

Pengelolaan dan penghimpunan zakat profesi dan harta ini diatur melalui Instruksi Presiden nomor 3/2014 tentang optimalisasi pengumpulan zakat, baik dari badan usaha negara, maupun dari pemerintah daerah melalui badan zakat setempat.

BAZ Dumai kedepan, lanjutnya, akan berupaya lebih keras dalam mengelola potensi zakat daerah agar bisa mencapai target sesuai potensi berdasarkan perhitungan diatas kertas.

"Jika semua pihak mengeluarkan zakat melalui BAZ, ditambah penyaluran zakat perorangan, maka akan maksimal jumlah yang didapat untuk membantu masyarakat mustahik berhak," terangnya.

Kinerja BAZ pada 2012 lalu, telah menyalurkan zakat produktif kepada sedikitnya 300 mustahiq dan puluhan juta zakat komsumtif bagi ratusan masyarakat miskin.

(MC Riau/ar)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Menteri ATR/BPN Pesan Masyarakat Jangan Gunakan Jasa Pinjol

Kamis, 02 September 2021 | 21:10:39 WIB

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB