Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021
Salam Lestari, Tim Medis BBKSDA Riau Obati Gajah Betina di kawasan HTI PT Arara Abadi
Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau, melakukan pengobatan seekor gajah dewasa di kawasan HTI PT Arara Abadi Duri 2, Desa Koto Pait, Kecamatan Tualang Mandau Kabupaten Bengkalis, Riau. (Foto BBKSDA Riau)

PEKANBARU - Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau, melakukan pengobatan seekor gajah dewasa yang dilaporkan sakit, di Desa Tasik Serai Timur, Kabupaten Bengkalis, Rabu (8/9/2021) kemarin.

Kabar gajah berusia 40 tahun itu ditemukan sakit, bermula dari adanya laporan masyarakat pada tanggal 4 September 2021 melalui call centre Balai Besar KSDA Riau.

Informasi yang disampaikan, seekor gajah sakit berlokasi di KM 51, yang merupakan kawasan HTI PT Arara Abadi Duri 2, Desa Koto Pait, Kecamatan Tualang Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. 

Plh Kepala Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam Hartono, memperkirakan gajah tersebut adalah bagian dari kelompok Giam Siak Kecil yang terpantau dan dilakukan pengamatan oleh Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau bersama  PT Arara Abadi sejak tanggal 3 Juli 2021. 

Menurut laporan dari lapangan, awalnya sekitar 10 ekor gajah terlihat menemani dan menjaga gajah dewasa yang terluka dan lambat berjalan serta sering mengeluarkan suara rintihan keras. 

"Secara umum, kondisi gajah saat itu terlihat bagus, masih bisa berjalan dan makan dengan baik. Namun, setelah kejadian itu, kelompok gajah tersebut tidak terpantau lagi," jelas Hartono, Kamis (9/9/2021) melalui keterangan resmi. 

Lanjut Hartono, paska dilaporkan, pada tanggal 7 September 2021, Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau, Vesswick, Tim penanganan konflik PT. Arara Abadi dan RSF dipimpin langsung Kepala SKW III, MB Hutajulu segera turun ke lokasi untuk melakukan pengobatan. 

"Posisi gajah terakhir saat akan dilakukan pengobatan adalah di Desa Tasik Serai Timur, Kabupaten Bengkalis. Esoknya pada tanggal 8 September 2021, langsung dilakukan pengobatan," ujar Hartono.

Menurut laporan tim gabungan di lapangan, untuk menemukan gajah tersebut tim harus melewati segala rintangan medan juga kondisi alam yang berat, dan mengikuti dengan hujan deras yang terus mengguyur sejak subuh.

"Secara umum, hasil pengobatan gajah sakit adalah gajah betina dewasa, umur sekitar 40 tahun, kondisi cukup baik, angka Body Condition Index (BCI) sekitar 7,5 (sedang menuju gemuk)," jelas Hartono. 

Menurut pengamatan tim medis, yang melakukan observasi. Ditemukan terdapat pembengkakan di bagian tulang femur kaki kanan belakang, yang bisa disebabkan trauma yang terjadi pada bagian tersebut, sehingga dapat menyebabkan pembengkakan diarea tulang. 

"Penentuan diagnosa yang tepat tidak dapat dilakukan, dikarenakan kondisi lapangan, dan fasilitas yang belum memadai," lanjut Hartono.

Namun, untuk upaya agar gajah tersebut sembuh, tim medis memberikan bperawatan berupa obat anti nyeri, analgesik dan antepereutik, dan diberikan juga antibiotik serta obat obatan suportif. 

"Setelah selesai pengobatan, gajah kemudian langsung di sadarkan kembali dan bebas kembali ke alam liarnya. Namun tetap dilakukan pemantauan bersama," pungkasnya.

(Mediacenter Riau/hb)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Petani Sawit Harap Ada Kerjasama Khusus dengan Uni Eropa

Sabtu, 27 November 2021 | 20:40:03 WIB

Pemprov Riau Beri Penghargaan Kepada 30 Insan Olahraga

Sabtu, 27 November 2021 | 17:55:03 WIB

Dukung Program Riau Keren, Berikut Penjelasan Gubernur Riau

Sabtu, 27 November 2021 | 15:26:35 WIB

Putri Tanjung Beberkan 3 Kiat Sukses untuk Pelaku Parekraf

Sabtu, 27 November 2021 | 15:01:24 WIB

ICCF 2021, Gubernur Riau Komitmen Majukan Ekonomi Kreatif

Sabtu, 27 November 2021 | 14:02:47 WIB