Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021

PEKANBARU - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski menghadiri pembukaan program Digital Leadership Academy (DLA) tahun 2021 di Kantor Diskominfotik Riau, Senin (13/9/2021).

Program DLA tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate dengan tujuan untuk mencetak pemimpin lembaga pemerintahan dan lembaga publik yang memiliki kemampuan tata kelola pemerintahan digital.

Sesuai dengan tingkat kecapannya, sasaran DLA adalah meningkatnya kapasitas pemimpin dalam menginisiasi tranformasi digital di berbagai level dengan harapan peserta dapat mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan industri digital sehingga meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia.

Kepala Badan Litbang Sumber Daya Manusia (SDM) Kominfo Hary Budiarto mengatakan adapun tema DLA tahun 2021 yaitu Kolaborasi Digital leader dalam akselerasi transformasi digital.

"Penyelenggaraan program pelatihan DLA tahun 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas menjadi pimpinan ygng bisa memanfaatkan ruang digital secara optimal," kata Hary Budiarto.

Ia menjelaskan, latihan tersebut merupakan bagian dari program pengembangan SDM digital yang menjadi salah satu arahan Presiden RI Joko Widodo untuk akselerasi tranformasi digital dalam menghadapi revolusi industri 40.

Lanjutnya, pelatihan tersebut bekerja sama dengan 4 perguruan tinggi yang bertaraf internasional serta pembekalan dari berbagai kementerian dan lembaga di Indonesia.

Adapun tujuan dari program DLA ini adalah mendorong sinergisitas dan kolaborasi untuk para pimpinan tersebut antara lain yang pertama merubah pola pikir dan mendorong adanya persamaan persepsi agar terwujudnya pemahaman yang sama untuk mampu berkolaborasi secara makro agar terjadi sinergitas antara sektor dengan pemanfaatan ruang publik.

Tujuan yang kedua adalah menginisiasi dan mendorong perubahan menuju transformasi digital yang ketiga merumuskan kebijakan yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan industri digital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tujuan yang keempat mendorong peningkatan daya saing ekonomi digital Indonesia.

"Terakhir adalah meningkatkan kompetensi para pembuat kebijakan dalam menciptakan bisnis baru di era transformasi digital," pungkasnya. (MC)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Naik Lagi, Berikut Daftar Lengkap Harga Sawit di Riau

Selasa, 23 November 2021 | 11:54:41 WIB

Alhamdulillah, Harga Sawit Naik dan Pecah Rekor

Selasa, 23 November 2021 | 11:46:04 WIB

Iven ICCF 2021 Digelar di Riau, UMKM Antusias

Sabtu, 20 November 2021 | 15:45:07 WIB

Diskes Ingatkan Calon Jamaah Umroh Riau Segera Vaksin

Rabu, 17 November 2021 | 19:04:30 WIB