Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021
Era Reformasi Industri, Menkominfo: Tranformasi Digital Suatu Keharusan

PEKANBARU - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan di era refolusi industri 4.0 yang terjadi bersamaan dengan pandemi Covid-19 saat ini telah menciptakan suatu momentum yang memposisikan transformasi digital tidak lagi sebagai suatu pilihan melainkan sebagai suatu keharusan.

Hal itu disampaikannya saat membuka secara resmi Program Digital Leadership Academy (DLA) tahun 2021 secara virtual, Senin (13/9/2021).

"Laju arus digitalisasi yang terjadi begitu cepat sehingga memacu organisasi publik dan privat di seluruh dunia untuk melakukan perubahan yang dapat dimulai dari titik kepeminpinan digital di organisasi-organisasi tersebut," kata Johnny G. Plate.

Ia menjelaskan bahwa kepemimpinan digital tersebut mencakup proses penyusunan strategi, pengembangan ekosistem digital yang solid antar pemangku kepentingan, peningkatan kompetensi teknis di bidang digital serta penciptaan budaya, pola pikir, dan keterampilan digital.

"Ini kita lakukan guna menciptakan masyarakat yang produktif dalam memanfaatkan teknologi digital," terangnya.

Perusahaan besar dengan pimpinan tinggi yang memiliki keahlian digital dapat mengungguli perusahaan sebanding yang tidak memiliki tim pimpinan tersebut sehingga lebih dari 48 persen pertumbuhan pendapatan menjadi meningkat.

Ia juga menyampaikan bahwa berdasarkan laporan dari Amrop Global Digital Practice saat ini terdapat beberapa kendala organisasi dalam hal ini di dunia dalam melihat para pemimpin eksekutifnya.

Yang mana 70 persen organisasi melaporkan bahwa para pemimpin mereka tidak cukup memahami tantangan era digital yang diemban oleh posisi kepemimpinan mereka.

Lalu 60 persen organisasi memiliki kepemimpinan yang kurang menyisihkan waktu cukup serta masih terpaku pada dampak jangka pendek dalam mewujudkan inisiatif digital.

Kemudian 50 persen organisasi memiliki kepemimpinan yang memiliki berfokus pada tahun saat ini dari pada keuntungan di masa depan.

"Serta tidak memiliki kepemimpinan yang dinamis dan tangkas dalam memutuskan dan mewujudkan peluang digital, selanjutnya 40 persen organisasi juga memandang pemimpin mereka hanya melihat digitalisasi sebagai sesuatu yang mendukung atau meningkatkan kegiatan operasi semata," pungkasnya.

Sebagai informasi, transformasi digital adalah bagian dari proses teknologi yang lebih besar. Transformasi digital juga merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan pada masyarakat. (MC)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Hari Guru Nasional 2021, Mari Bersama Pulihkan Pendidikan

Kamis, 25 November 2021 | 22:54:43 WIB

MTQ Korpri ke V Tingkat Nasional, Riau Juara Umum 8

Sabtu, 20 November 2021 | 08:30:41 WIB

Jurus Kemenkes Hadapi Ancaman Gelombang Ketiga

Kamis, 18 November 2021 | 09:30:50 WIB

Festival HAM Tahun 2021 Resmi Digelar

Rabu, 17 November 2021 | 14:49:52 WIB