Sabtu, 17 Rabiul Awwal 1443 H | 23 Oktober 2021

DUMAI - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyebutkan keberhasilan pengelolaan lahan gambut di Provinsi Riau menjadi bagian penting dalam capaian kinerja pembangunan berkelanjutan di Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber dalam diskusi publik agenda net sink sektor kehutanan dan lahan 2030 bebas hambatan secara virtual, Jumat (24/9/2021).

"Keberhasilan pengelolaan lahan gambut menjadi bagian penting dari capaian kinerja pembangunan Provinsi Riau baik dari aspek tata kelola sumber daya air berkualitas, lingkungan hidup maupun sosial dan ekonomi masyarakat," ucap Gubri.

Untuk itu, Gubri menyampaikan saat ini upaya mengatasi berbagai isu lingkungan hidup yang berkenaan dengan bagaimana pengelolaan lahan gambut sehat. Provinsi Riau saat ini tengah menyusun rencana perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut Provinsi Riau sebagai instrumen kebijakan daerah.

Dimana kebijakan daerah terkait pengelolaan gambut tersebut mencakup aspek perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan dan penegakan hukum terhadap lahan gambut yang ada di Riau.

"Diharapkan dengan panduan ini maka sinergisitas dan upaya resolusi gambut di Riau oleh berbagai elemen dapat dilakukan dengan lebih efektif dan terarah," ujarnya.

Kemudian dokumen Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut (RPPEG) Riau merupakan bentuk dukungan atas kebijakan pemerintah yang tertuang dalam RPPEG Nasional tahun 2020-2040 untuk keberlangsungan ekosistem sistem gambut dan capaian pembangunan berkelanjutan 

Sustainable Development Goals (SDGs) secara nasional juga memiliki nilai penting sebagai panduan dalam suatu pernyataan ekosistem gambut sesuai dengan karakteristik daya dukung dan daya tampung untuk fungsi lindung dan fungsi budidaya.

"Seperti perencanaan pemanfaatan pengendalian kerusakan dan pemeliharaan konservasi ekosistem gambut dan pemanfaatan evaluasi dan pengawasan pelaksanaan perlindungan pengelolaan ekosistem gambut," lanjutnya.

Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik  dukungan dan fasilitasi dari berbagai pihak terhadap upaya Provinsi Riau mengimplementasikan konsep pembangunan berkelanjutan melalui rencana aksi Riau Hijau.

Dapat diketahui rencana Riau Hijau ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 9 tahun 2019 yaitu meningkatkan pengendalian dan pengawasan pencemaran lingkungan hidup, meningkatkan kualitas pengelola sumber daya air, restorasi ekosistem dan meningkatkan pembauran energi dari sumber daya air terbarukan.

(Mediacenter Riau/dw)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

244 Pelamar PPPK Pemprov Riau Ikuti Seleksi Kompetensi

Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:54:08 WIB

Seleksi Kompetensi PPPK Pemprov Riau Dimulai

Rabu, 20 Oktober 2021 | 18:35:07 WIB

Gubernur Riau Siap Dorong Pembangunan Desa Wisata

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:04:39 WIB

10 Kabupaten di Riau PPKM Level 3

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18:34 WIB

Ini Sebab Harga Sawit Pecah Rekor, Petani wajib baca

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:13:51 WIB

Harga CPO Naik Tajam, Harga Sawit Riau Moncer Terus

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:08:41 WIB

COVID-19 Melandai, Gubernur Riau Imbau Warga Tetap Masker

Senin, 18 Oktober 2021 | 23:10:09 WIB