Jumat, 18 Jumadil Akhir 1443 H | 21 Januari 2022
Buka Rakorda Baznas, Ini Kata Asisten III Setdaprov Riau
Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi ketika menghadiri Rakorda Baznas Se-provinsi Riau.

PEKANBARU - Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi menghadiri sekaligus membuka secara resmi rapat koordinasi daerah (Rakorda) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Se-provinsi Riau. 

Rakorda tersebut memilih  tema "Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat". Digelar di Hotel Mutiara Merdeka, Kamis (30/9/2021).

Syahrial Abdi mengatakan Fungsi, peran dan tanggung jawab dari Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) telah diatur berdasarkan Undang - Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011.

Kemudian, Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang pengelolaan zakat. Dimana dalam UU tersebut telah diatur dengan cukup terperinci. 

"Lembaga pengelolaan zakat juga harus akuntabel seperti amanah terhadap kepercayaan yang diberikan oleh pemberi zakat. Dan mendistribusikannya kepada penerima zakat dengan tepat sasaran serta dapat berguna," katanya.

Pihaknya mengatakan, lembaga pengelolaan zakat yang berkualitas akan mampu mengelola zakat yang ada secara efektif dan efisien.

Sementara itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sahidul Amin mengungkapkan, bahwa sebagai lembaga maupun organisasi nirlaba peran Baznas sangatlah strategis. Terutama dalam pengelolaan zakat bagi kehidupan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Riau.

"Saat ini peran Baznas sangatlah strategis dan dibutuhkan dalam pengelolaan zakat bagi kehidupan masyarakat Riau," ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan Baznas Provinsi Riau saat ini juga banyak melakukan program untuk membantu pendidikan di Provinsi Riau. 

"Dalam masa pandemi ini program kita lebih banyak membantu dalam dunia pendidikan dan sampai hari ini lebih dari 2 miliar uang itu dikumpulkan untuk membantu sekolah - sekolah swasta yang memang sangat terdampak dengan pandemi COVID-19," tutupnya.

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Keterbatasan Biaya Bukan Penghalang Untuk Kuliah

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:39:54 WIB

Kakanwil Kemenkumham Riau Silaturahmi Ke Kejati Riau

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:40:25 WIB