Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021
Kapolda Resmikan Aplikasi BSR Polda Riau

PEKANBARU — Kepolisian Daerah (Polda) Riau, terus mendukung Program Satuan Tugas Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau, untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Bumi Lancang Kuning. Dengan meresmikan Aplikasi Bersama Selamatkan Riau (BSR), dan Gedung Center Vaksin Polres Kepulauan Meranti, Rabu (6/10/2021) ini.

Peresmian ini, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi turut didampingi Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil dan Kapolres AKBP Andi Yul.

Agung mengatakan, Aplikasi Bersama Selamatkan Riau (BSR) yang diluncurkan ini difungsikan untuk mempermudah pekerjaan petugas di lapangan dalam penanganan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi COVID-19. 

“Aplikasi berbasis teknologi ini, juga sudah dijalankan diseluruh wilayah di Riau, melalui Polres yang ada,” ungkap Kapolda.

Aplikasi ini, kata Kapolda, merupakan terobosan teranyar yang digagas Polda Riau, yang didukung kecanggihan, efektivitas dan efisiensinya.

“Aplikasi ini ditujukan mengantisipasi lonjakan penularan Corona gelombang ketiga yang diwaspadai dalam bulan-bulan ke depan,” ungkapnya. 

Lanjut Kapolda, saat ini, sebanyak sekitar 1.800 orang tergabung dari Polri, TNI serta tenaga kesehatan di Riau bertindak sebagai tracer dalam aplikasi BSR ini.

Menurutnya, sejauh ini, Provinsi Riau sendiri telahy mampu menekan angka penularan COVID-19, saat gelombang kedua melanda beberapa waktu lalu. Hal ini juga ditandai penuruan angka penderita virus COVID-19 di Riau. 

“Dengan adanya Aplikasi BSR yang terbaru ini, diharapkan mampu menekan pandemi ketika gelombang ketiga,” harapnya.

Selain itu, launching Aplikasi Bersama Selamatkan Riau (BSR) di Kabupaten Kepulauan Meranti, sejalan dengan data awal Agustus angka positivity rate di Riau mencapai 31 persen. 

“Berkat kecepatan penanganan dan pencegahan, angka ini menurun drastis menjadi 1,4 persen,” terang Agung.

Agung mengklaim, terjadinya penurunan angka positivity yang hari ini menjadi 1,4 persen salah satunya merupakan kontribusi aplikasi BSR. 

“Bisa dilihat dari awal Agustus 2021 kemarin, penanganan yang awalnya masih sangat rendah, dengan jumlah orang terkonfirmasi sedikit yang diverifikasi saat ini semakin hari sudah semakin banyak. Artinya semakin banyak mereka yang ditangani dari aplikasi tersebut. Tentunya ini sangat baik,” terangnya.

Menurut Alumni Akpol 1988 ini, aplikasi BSR untuk memastikan masyarakat di Riau yang terkonfirmasi COVID-19 dapat tertangani dengan optimal, mulai dari validasi data, verifikasi, pemberian obat hingga evakuasi ke rumah sakit dan tempat isolasi terpusat. Kemudian, agar semua dapat ditangani maksimal dan mendetail, agar COVID-19 tidak menular luas terutama di klaster keluarga yang menjadi kontak erat.

Agung melanjutkan, tujuan lainnya yakni salah satunya untuk memudahkan semua pihak menjalankan tugas, dengan pencegahan penularan COVID-19 pada saudara-saudara kita.

“Tujuan kita ingin mencegah Warning gelombang ketiga penyebaran COVID-19 di Riau. Selain dengan percepatan vaksin yang terus berjalan. Dengan aplikasi BSR, petugas yang melakukan tracing dapat lebih mudah dalam memverifikasi, sehingga lebih valid,” kata Kapolda.

Kemudian, aplikasi “BSR” ini juga merupakan wujud dari kerja keras serta sebagai bukti bahwa negara hadir untuk masyarakat dalam pencegahan dan penanganan COVID-19.  

“Saya ingin agar angka kematian di Riau akibat terpapar Corona bisa ditekan, dan masyarakat mendapat pelayanan kesehatan optimal, melalui aplikasi BSR yang diluncurkan itu,” harapnya.

Menurutnya, pada sistem ini kerja Aplikasi BSR adalah informasi yang terintegrasi, dengan memproses data dari pusat, terhadap masyarakat yang terkonfirmasi Covid. Selanjutnya, data yang diterima kemudian ditindaklanjuti petugas (Tracer) diwilayahnya masing-masing, dengan tujuan validasi. 

Selanjutnya, kemudian petugas Tracer, melaporkan kembali menggunakan aplikasi BSR ini secara detail, mengenai penindakan yang sudah dilakukan. 

“Melalui laporan ini pula tindak lanjutan bisa diambil, agar penanganan terhadap orang yang terkonfirmasi jadi optimal,” terang Kapolda.

Sejak dijalankan, percepatan vaksinasi Polda Riau juga menjadi faktor tak kalah penting dalam menekan dan mencegah lajunya penyebaran Corona di Riau. Ia mencontohkan di Kabupaten Kepulauan Meranti, vaksinasi kepada masyarakat sudah mencapai 30 persen lebih.

Selanjutnya, kegiatan Kapolda dilanjutkan dengan meresmikan Gedung Vaksin Center sekaligus meninjau pelaksanaan vaksin massal Polres Kepulauan Meranti di Polsek Tebing Tinggi.

Kapolda mengatakan, penanggulangan pandemi COVID-19 di Kabupaten Kepulauan Meranti dilaksanakan dengan menerapkan sejumlah langkah, diantaranya percepatan vaksinasi.

“Saat ini Polres Meranti bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus menggalakkan percepatan vaksinasi hingga ke desa-desa. Dimana program vaksinasi di Kepulauan Meranti telah mencapai lebih dari 35%,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, Gedung Vaksin Centre Polres Meranti, nantinya akan beroperasi setiap hari sabagai salah satu upaya untuk mengejar Herd immunnity masyarakat.

Pihaknya menargetkan, di Gedung Vaksin Centre ini, akan mampu melayani sebanyak 1.000 masyarakat.

“Selain itu Polres Meranti juga menyiapkan tim vaksinasi door to door,” ujar Kapolda.

Maka dengan keberadaan Gedung Vaksinansi Center ini, Polres meranti nantinya akan melakukan vaksinasi terhadap suku asli Kepulauan Meranti, Suku Akik

“Masyarakat suku Akik, termasuk dari 1.000 yang divaksin itu,” pungkasnya.

(Mediacenter Riau/hb)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Meranti Zona Hijau dari COVID-19, Tapi Tetap Waspada

Selasa, 02 November 2021 | 14:43:57 WIB

Gubernur Riau Kunjungi Ponpes Darul Fikri, Ini Doanya

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 17:54:18 WIB

Kapolda Resmikan Aplikasi BSR Polda Riau

Rabu, 06 Oktober 2021 | 16:15:05 WIB

Satlantas Polres Meranti Tertibkan Pengendara Tak Pakai Masker

Selasa, 07 September 2021 | 23:29:16 WIB

Nakes di Kepulauan Meranti Mulai Vaksinasi Booster

Selasa, 17 Agustus 2021 | 21:16:09 WIB

Polres Meranti Gelar Vaksinasi Dosis Kedua

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 11:44:38 WIB